Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahlil: Investasi di IKN Insya Allah Berjalan dengan Mementingkan Kewibawaan Negara...

Pertemuan tersebut diunggah lewat Instagram resmi Bahlil di @bahlillahadalia. 

Dalam pertemuan itu, Bahlil memastikan investasi untuk mega proyek IKN akan berjalan lancar. Namun, tidak dipaparkan lebih detil investasi tersebut berasal dari mana.

"Mengenai investasi di IKN, Insya Allah semuanya berjalan dengan mementingkan kewibawaan negara. Kita ingin Merah Putih menjadi dasar dalam mewujudkan kemajuan Indonesia di masa depan," kata Bahlil dalam keterangan IG-nya, Kamis (14/4/2022).

Pembangunan IKN butuh sokongan pengusaha

Bahlil bilang, dibutuhkan sokongan dana dari para pengusaha di daerah dan juga pengusaha nasional untuk mewujudkan pembangunan IKN tersebut.

"Kami berkomitmen untuk mengawal kelancaran pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara dengan ekosistem yang tepat. Kolaborasi dengan pengusaha daerah dan nasional juga menjadi fokus bersama," ujarnya.

Jokowi menegaskan, APBN hanya akan digunakan sekitar 20 persen dari total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan kota yang nantinya diberi nama Nusantara tersebut.

Lalu dari mana sisa dana untuk keperluan pembangunan IKN atau sekitar 80 persennya?

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah menyampaikan, pembangunan IKN Nusantara tidak hanya akan mengandalkan pembiayaan dari APBN sebesar 20 persen. Tapi sisanya akan memanfaatkan sejumlah kerja sama.

Dana dari luar APBN yang dimaksud yakni melalui skema Public Private Partnership (PPP) serta Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

https://money.kompas.com/read/2022/04/14/193000426/bahlil--investasi-di-ikn-insya-allah-berjalan-dengan-mementingkan-kewibawaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke