Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YLKI Minta Pemerintah Jamin Daging Tidak Terkontaminasi PMK

Hal ini terkait ditemukannya wabah PMK yang terjadi di beberapa daerah di Aceh dan Jawa Timur.

"Terkait merebaknya kasus PMK pada ternak di Jatim, pemerintah harus menjamin bahwa daging yang beredar di masyarakat adalah daging yang aman dan sehat, tidak terkontaminasi oleh PMK. Hal ini sangat penting untuk menciptakan rasa aman pada masyarakat saat mengonsumsi daging," ujar Tulus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Oleh sebab itu, Tulus meminta pemerintah harus cepat dan tepat untuk mengendalikan kasus PMK, agar jangan sampai membuat harga daging di pasaran melonjak.

Tulus menilai apabila wabah PMK lama ditanggulangi bisa berefek ke ekonomi Indonesia yang bisa membuat Indonesia ujung-ujungnya harus mengimpor daging.

"Oleh karena itu, kasus PMK harus dilokalisir, jangan sampai merebak ke daerah lain, apalagi menjadi wabah nasional PMK. Kerugian sosial ekonominya sangat besar," pungkasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Pertanian telah menetapkan ada 2 daerah yang dilanda wabah PMK pada hewan yaitu Aceh dan Jawa Timur.

Untuk Kabupaten Aceh, ada 2 daerahnya yang terpapar yaitu Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Timur. Sementara Jawa Timur terdiri dari Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto.

https://money.kompas.com/read/2022/05/12/161200126/ylki-minta-pemerintah-jamin-daging-tidak-terkontaminasi-pmk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke