Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peron 8 Stasiun Manggarai Diperluas, "Flow" Penumpang Menuju Bekasi-Cikarang Akan Dipisah

VP Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan, perluasan ini dilakukan untuk memudahkan pergerakan penumpang yang transit di Stasiun Manggari.

"Pemisahan flow pengguna transit di Stasiun Manggarai yang akan menuju jalur 8 untuk tujuan Bekasi/Cikarang dengan flow pengguna yang dari jalur 8 untuk transit di Stasiun Manggarai," ujar Anne dalam keterangan tertulis, Senin (6/6/2022).

Perluasan ini perlu dilakukan karena Stasiun Manggarai menjadi stasiun pusat transit KRL Jabodetabek. Jumlah penumpang transit di Stasiun Manggarai bisa mencapai 200.000 orang per hari.

Khusus hari ini, Senin (/6/2022) tercatat volume penumpang di Stasiun Manggarai hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 10.152 orang.

KRL Feeder

Selain itu sejak Sabtu (28/5/2022), KCI mengubah rute KRL Jabodetabek dan pola transit di Stasiun Manggarai sehingga sebagian penumpang KRL masih belum terbiasa dengan perubahan ini.

Oleh karenanya, khusus untuk melayani pengguna transit di Stasiun Manggarai KAI Commuter tetap mengoperasikan 12 perjalanan KRL Feeder tambahan relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan PP pada pagi hari dan 10 perjalanan KRL Feeder tambahan relasi Manggarai - Angke/Kampung Bandan PP dan Manggarai – Bekasi PP pada sore hari.

"Para pengguna yang transit di Stasiun Manggarai bisa memanfaatkan jadwal-jadwal perjalanan KRL Feeder," kata Anne.

Penambahan bancik

Selain itu, KCI juga menambahkan fasilitas pelayanan untuk naik dan turun pengguna di Stasiun transit Kampung Bandan berupa penambahan bancik.

Penambahan bancik ini untuk mengantisipasi bertambahnya pengguna yang naik dan turun di Stasiun Kampung Bandan.

Sebab hingga pukul 14.00 WIB hari ini, KCI mencatat jumlah pengguna yang naik dan turun di Stasiun Kampung Bandan sebanyak 4.299 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dibanding minggu lalu di waktu yang sama, yaitu 4.159 orang.

Kenaikan jumlah penumpang KRL ini tak hanya terjadi di Stasiun Kampung Bandan tetapi juga di seluruh stasiun.

Volume pengguna KRL di seluruh stasiun hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 319.675 orang atau naik 5 persen dibanding dengan volume pengguna di waktu yang sama pada Senin pekan kemarin yaitu sebanyak 303.926 orang.


Alternatif rute KRL

Anne menambahkan, terdapat alternatif perjalanan yang bisa digunakan penumpang KRL Jabodetabek.

Pada sore hari penumpang di Stasiun Sudirman atau Tanah Abang tujuan Bekasi/Cikarang dapat melakukan perjalanannya menggunakan KRL skema pola operasi full racket dengan relasi Manggarai – Angke – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara untuk menuju Bekasi/Cikarang.

Sementara itu, bagi penumpang KRL dari arah Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang bisa memilih alternatif perjalanannya dengan transit di Stasiun Kampung Bandan, begitu pun sebaliknya.

"KAI Commuter juga mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun serta selalu perhatikan petunjuk-petunjuk arah untuk pengaturan flow pengguna di stasiun," tutur Anne.

https://money.kompas.com/read/2022/06/06/192056426/peron-8-stasiun-manggarai-diperluas-flow-penumpang-menuju-bekasi-cikarang-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke