Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Mencapai Karier Cemerlang

Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Karier bisa dibentuk ketika seseorang sudah mengetahui arah dan tujuan hidupnya. Namun, tak semua orang benar-benar menggapai karier yang diinginkan.

Tak semua karier bisa ditentukan dari awal karena mungkin saja ada kondisi ketika seseorang merasa kurang cocok dengan pekerjaannya. Dalam kasus ini, seseorang akan mempertanyakan kembali pencapaiannya.

Oleh sebab itu, seseorang akan terus berusaha mengeksplor agar dirinya bisa berkembang dan mencapai karier yang diinginkan. Hal ini juga dibahas oleh Usman Effendi dalam siniar Smart Inspiration edisi Career bertajuk “How to Set and Achieve Your Career Goals”.

Agar mencapai tujuan dengan realistis, Seek mengungkap lima hal yang dapat dilakukan.

Bersiap untuk Fokus

Keputusan mencapai karier mengharuskan kamu untuk meluangkan waktu, energi, serta membangun komitmen yang kokoh. Fokuslah dengan pikiran mengenai perubahan yang lebih baik untuk membangun keyakinan terhadap jalan yang dipilih.

Begitu juga ketika masih memiliki tanggung jawab di tempat lain yang kurang menyenangkan, kamu tetap harus mempersiapkan waktu dan energi dalam membangun karier. Tetaplah percaya pada diri sendiri bahwa hal tersebut bisa dilewati.

Pikirkan Hal Berharga

Untuk menentukan kariermu sendiri, pikirkanlah hal yang sebenarnya berharga sehingga patut diperjuangkan. Lihatlah karier sebagai proses yang lebih bermakna. Jadi, bukan hanya soal pergantian posisi, jenis pekerjaan, ataupun gaji yang didapat, melainkan juga prosesnya.

Selain itu, ada hal-hal penting lainnya yang mungkin dapat jadi pertimbanganmu dalam menentukan karier. Hal itu adalah melihat bahwasanya karier yang direncanakan bisa jadi pengalaman serta pembelajaran yang berharga.

Spesifikasikan Tujuan

Mungkin saat ini apa yang ingin dituju masih berbentuk gambaran umum atau abstrak. Lakukan perincian langkah-langkah kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuanmu. Salah satu metode yang mungkin dapat dicoba adalah SMART dengan rincian sebagai berikut.

Specific atau spesifik adalah menanyakan kembali kepada diri sendiri mengenai apa yang sebenarnya ingin dicapai, mengapa memilihnya, serta bagaimana untuk mencapainya.

Measurable atau terukur yang dilakukan dengan membuat ukuran atau menentukan indikator untuk memantau kemajuanmu dalam mencapai karier.

Achievable atau dapat dicapai. Pikirkanlah rencana dan pilihanmu merupakan sesuatu yang realistis dan dapat kamu capai.

Relevant atau relevan. Dalam hal ini, kamu harus membandingkan kondisi dengan apa yang ingin kamu capai pada saat itu. Tanyakan kembali apakah yang dilakukan ini benar-benar kemauan sendiri atau atas dasar orang lain?

Terakhir, yakni time bound atau terikat waktu. Tentukanlah tenggat waktu kapan target-target itu bisa terwujud.

Buat Kerangka Waktu

Jika time bound menentukan kapan tujuan itu bisa tercapai, kerangka waktu dibuat untuk memantau prosesnya.,

Kamu dapat membuat kerangka waktu dengan melihat berdasarkan pertimbangan tiga hal lain yang telah dipaparkan di atas.

Lakukan!

Selain harus kooperatif dengan diri sendiri, jangan lupa untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat yang suportif.

Ingatlah bahwa perubahan akan selalu ada. Artinya, rencana yang telah disusun merupakan hal yang dinamis dan harus bisa disikapi secara adaptif. Kepercayaan dirimu juga turut diperlukan untuk menyukseskan perjalanan karier yang telah kamu susun.

Renungkanlah apa yang sebenarnya menjadi keinginan dan tujuan dirimu dalam pekerjaan. Setelah tahu jawabannya, kamu dapat melakukan langkah-langkah di atas untuk berproses mencapainya.

Temukan informasi menarik seputar pengembangan karier bersama Usman Effendi dalam siniar Smarti Inspiration bertajuk “How to Set and Achieve Your Career Goals”.

Wujudkan mimpi-mimpimu dalam karier ataupun bisnis, dengan mendengarkan insight cerdas serta cerita-cerita pengalaman yang menginspirasi melalui siniar Smart Inspiration di Spotify yang bisa diakses melalui tautan berikut https://dik.si/smartinspipodcast.

https://money.kompas.com/read/2022/08/18/180000126/kiat-mencapai-karier-cemerlang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke