Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menanti Keputusan The Fed, Harga Minyak Mentah Dunia Turun

Mengutip Bloomberg, harga minyak West Texas Intermediate turun 1,4 persen menjadi 84,45 dollar AS per barrel. Sementara minyak Brent di harga 90,6 dollar AS per barrel atau turun 1,5 persen.

Minyak jatuh menjelang beberapa keputusan suku bunga global yang diperkirakan akan membawa pengetatan moneter lebih lanjut.

The Fed dan bank sentral lainnya dari Eropa hingga Asia juga diperkirakan akan menaikkan suku bunga minggu ini untuk menjinakkan inflasi.

Di sisi lain, likuiditas yang menipis menyebabkan gejolak perubahan harga. Sementara itu, nilai tukar dollar AS yang menguat, menambah beban sentimen negatif pada harga minyak.

"Tekanan ekonomi makro dari Federal Reserve yang akan menaikkan suku bunga minggu ini telah menambah tekanan kembali pada pasar saham AS yang tampaknya membatasi harga minyak mentah," kata Dennis Kissler, wakil presiden senior di Bok Financial Securities.

"Dalam waktu dekat, harga minyak mentah rentan terhadap kenaikan suku bunga Fed," lanjutnya.

Potensi peningkatan pasokan juga membebani prospek positif pada harga minyak AS. Di awal pekan ini, AS menyebut akan menambah 10 juta barrel minyak dari cadangan strategisnya pada November. Hal ini dilakukan menjelang eksekusi rencana embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia pada Desember.


Investor juga mempertimbangkan prospek aliran minyak mentah Iran yang lebih tinggi, apabila dilakukan pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir belarut-larut dan belum mendapat kesepakatan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanaani mengatakan, diskusi tentang upaya menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran sangat dimungkinkan.

Di sisi lain, ekspor minyak mentah lintas laut Rusia turun tajam pada paruh pertama September. Minyak mentah yang dikirim dari pelabuhannya turun hampir 900.000 barel per hari dalam dua minggu, menjadi 2,54 juta barel per hari dalam seminggu hingga 16 September, dari 3,42 juta dalam tujuh hari hingga 2 September.

https://money.kompas.com/read/2022/09/21/075216026/menanti-keputusan-the-fed-harga-minyak-mentah-dunia-turun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke