Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

F1H2O Diharapkan Tingkatkan Indeks Pariwisata Danau Toba

"Nilai indeks pariwisata berkualitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba paling rendah dibanding DPSP lain. Untuk itu F1H2O dapat menjadi alat meningkatkan indeks pariwisata berkualitas ini," kata dia dikutip lewat siaran pers Kemenko Marves, Sabtu (15/10/2022).

F1H2O akan diselenggarakan pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba. Tetapi Luhut mengatakan masih ada berbagai kendala infrastruktur dasar seperti air dan jalan akses menuju lokasi.

Untuk itu, Luhut memberikan beberapa arahan. Pertama, Pemkab Toba agar dapat menyelesaikan pembebasan lahan sempadan dan penataan kawasan Pelabuhan Balige pada November minggu ke-3 2022.

Kementerian PUPR diminta menyelesaikan penataan Lapangan Sisingamangaraja pada minggu pertama bulan November 2022. Sementara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), InJourney, dan Pemkab Toba diminta menyiapkan program-program pemanfaatan dan pengelolaan lokasi F1H2O sebagai lokus pengembangan olahraga dan aktivitas komersial.

Selain itu, Luhut juga memberikan beberapa pengarahan lain seperti mempercepat vaksinasi, mempercepat realisasi pembangunan infrastruktur di lahan otorita, mempercepat pemberian fasilitas bagi peningkatan investasi di lahan otorita, serta mengalokasikan anggaran sebesar Rp 85 miliar untuk pembangunan jalan akses lahan otorita.

Sebelum melaksanakan rapat koordinasi, Luhut meninjau langsung rencana tempat dilangsungkannya F1H2O. Dia berpesan agar penataan kawasan di area Pelabuhan Balige dan Lapangan Sisingamangaraja dapat dipercepat, karena acara akan berlangsung 3 bulan lagi.

https://money.kompas.com/read/2022/10/15/173712226/f1h2o-diharapkan-tingkatkan-indeks-pariwisata-danau-toba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke