Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Iklusi Keuangan, AFPI Gelar "Fintech Lending Days" di Yogyakarta

Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi mengatakan acara ini dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi antar Lembaga Jasa Keuangan (LJK) juga OJK selaku regulator dalam mewujudkan pemerataan inklusi keuangan di Indonesia.

Sebelumnya, tiga acara serupa juga telah dilaksanakan di tiga kota lainnya, yakni Malang, Bali, dan Yogyakarta.

“Fitech Lending Days di Yogyakarta kali ini berisi serangkaian kegiatan, termasuk speed dating atau upaya penjajakan potensi kolaborasi antara Bank Mandiri selaku calon mitra pemberi dana (lender) dengan para anggota AFPI selaku penyelenggara jasa fintech lending atau fintech pendanaan bersama," ucap dia dalam siaran pers, Senin (31/10/2022).

Dalam kegiatan ini ada juga kunjungan ke UMKM yang ada di Yogyakarta.

Kemudian ada pula pameran dan talkshow oleh 23 anggota AFPI, baik anggota penyelenggara fintech pendanaan maupun anggota pendukung seperti UKU, Privy, UATAS, Modal Nasional, Easycash, dan CLIK.

"Semua kita lakukan untuk mengenalkan masyarakat, khususnya UMKM dengan fintech lending guna meningkatkan literasi keuangan dan akses pembiayaan," imbuh dia.

Adrian menambahkan, perkembangan industri fintech pendanaan bersama secara nasional sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Perkembangan fintech pendanaan bersama yang demikian pesat tidak lepas dari kolaborasi dengan digital ekosistem.

Dengan begitu, penyelenggara fintech lending dapat memotret profil risiko UMKM dengan lebih komprehensif.

Fintech lending juga bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan pengenalan pelanggan secara elektronik atau digital yang melibatkan sistem (E-KYC) dengan tanda tangan digital, perbankan, BPR, BPD, dan perusahaan pembiayaan.

“Dengan kolaborasi inilah, maka penyelenggara fintech pendanaan bersama dapat menjangkau pembiayaan ke lebih banyak UMKM di Tanah Air,” ujar Adrian.

https://money.kompas.com/read/2022/10/31/161700926/dorong-iklusi-keuangan-afpi-gelar-fintech-lending-days-di-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke