Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adaro Minerals Bakal Pasok Aluminium untuk Hyundai

Lewat kolaborasi ini, Adaro Minerals melalui anak usahanya, PT Kalimantan Aluminium Industry, akan memasok aluminium untuk produsen mobil Korea Selatan itu.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahamana yang dilakukan langsung oleh CEO Hyundai Motor Company Jaehoon Chang dan Komisaris Presiden Adaro Minerals Garibaldi Thohir di sela-sela pertemuan B20 di Nusa Dua, Bali.

Langkah tersebut diambil Hyundai untuk memastikan pasokan aluminium di tengah meningkatnya permintaan komoditas itu. Sebagaimana diketahui, kebutuhan aluminium menjadi semakin tinggi seiring dengan semakin besarnya produksi kendaraan listrik.

"Hyundai Motor Company telah mulai mengoperasikan pabriknya di Indonesia serta aktif bekerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang di mana perusahaan dapat bersinergi dalam industri otomotif ke depannya, misalnya dengan berinvestasi di perusahaan patungan yang memproduksi sel baterai," tutur Jaehoon Chang, dalam keterangannya, dikutip Senin (14/11/2022).

Sementara itu, Presiden Direktur Adaro Minerals Indonesia Christian Ariano menjelaskan, melalui kerja sama ini Hyundai berhak membeli aluminium yang diproduksi Kalimantan Aluminium Industry pada tahap awal. Kemudian, negosiasi pertama mengenai pembelian aluminium rendah karbon yang diproduksi anak usaha Adaro Minerals itu dengna volume yang belum ditentukan.

"Dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dan Hyundai Motor Company yang memiliki rekam jejak, pengalaman, dan teknologi mutakhir untuk kendaraan listrik, kami berharap untuk mencapai tanggal operasi komersial (COD) pada kuartal pertama 2025 dan memproduksi aluminium sebanyak 500.000 TPA pada tahap awal," ucap Ariano.

https://money.kompas.com/read/2022/11/14/100700726/adaro-minerals-bakal-pasok-aluminium-untuk-hyundai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke