Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Rupiah Digital Akan Terbit? Ini Jawaban BI

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, diharapkan proses penerbitan rupiah digital ini tidak memakan waktu yang lama. Pasalnya, penerbitan mata uang digital ini membutuhkan proses yang panjang.

"Sesiapnya, kalau belum siap kita tunggu. Mudah-mudahan tidak terlalu lama. Enggak berani janji. Lebih baik kita tidak over promise, nanti enggak under deliver kan enggak enak," ujarnya saat acara BIRAMA 2022 di Gedung Thamrin BI, Jakarta, Senin (5/11/2022).

Pada 30 November lalu, BI baru saja meluncurkan white paper rupiah digital yang berisikan desain (high level design) pengembangan rupiah digital. White paper ini menguraikan rumusan rupiah digital bagi Indonesia dengan mempertimbangkan asas manfaat dan risiko.

Kemudian untuk tahap selanjutnya, pada Semester I 2023 rencananya BI akan meluncurkan consultative paper rupiah digital. Melalui paper ini, BI meminta masukan dari industri, akademisi, media, hingga pemerintah.

"Apa artinya sebuah kebijakan kalau industrinya tidak melakukan sehingga kita selalu bekerja sama (dengan pihak lain)," kata dia.

Pengembangan rupiah digital sendiri memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk kerja sama dengan bank sentral lain dan lembaga internasional.

Pasalnya, perkembangan mata uang digital bank sentral di masa depan bukanlah pilihan, melainkan keniscayaan. Untuk itu, BI masih perlu melakukan eksplorasi dan uji coba untuk mengantisipasi perkembangan mata uang digital di masa depan.

https://money.kompas.com/read/2022/12/06/101000726/kapan-rupiah-digital-akan-terbit-ini-jawaban-bi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke