Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HRD hingga Sales Marketing Jadi Pekerjaan yang Banyak Dilamar Pencari Kerja di JobStreet

"Kami melihat Human Resource Development (HRD), admin, sales adalah jenis pekerjaan spesialisasi yang sedang banyak dilamar,"  ujarnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/12/2022).

"Tapi industri yang terus dilirik adalah di bidang IT hingga sales marketing," sambung dia.

Lebih lanjut Sawitri mengatakan, dengan banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan besar, membuat para lulusan baru atau fresh graduate cemas mencari perkerjaan.

Sebab para lulusan baru sadar bahwa saingannya dalam mencari pekerjaan bukan lagi dari sesama lulusan baru, tapi juga dari karyawan yang sudah profesional yang terkena PHK.

Meski begitu lanjut Sawitri, berdasarkan survei yang dilakukan JobStreet baru-baru ini, menyatakan 64 persen perusahaan masih membutuhkan para lulusan baru.

"Artinya apa? Mereka tidak perlu khawarir karena banyak perusahaan yang masih butuh mereka. Fresh Gradute harus tetap semangat karena kenyataannya mereka masih butuh untuk bantu operasional mereka dalam menjalankan pekerjaan," ungkap dia.

Seperti diketahui, perusahaan rintisan atau startup marak melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap karyawannya dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Fenomena ini terjadi di Indonesia maupun banyak negara lain.

Founding Partner AC Ventures Pandu Sjahrir mengatakan, fenomena tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Menurutnya, faktor pertama adalah dari sisi eksternal, seperti perang, inflasi, hingga akhirnya memicu lonjakan suku bunga acuan bank sentral berbagai negara.

"Ada faktor perang di awal 2022 dan terjadi kenaikan suku bunga untuk penanganan inflasi. Kenaikan suku bunga ini mempengaruhi cost of capital yang terjadi di pasar," kata Pandu dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

https://money.kompas.com/read/2022/12/07/130300126/hrd-hingga-sales-marketing-jadi-pekerjaan-yang-banyak-dilamar-pencari-kerja-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke