Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soroti Kebakaran Depo Plumpang, DPR Minta Pemerintah Bantu Pertamina Tertibkan Objek Vital

Apalagi kebakaran tersebut menyebabkan korban jiwa. Menurut dia, musibah jatuhnya korban jiwa itu seharusnya bisa dihindari jika warga bersedia direlokasi ke rumah susun (Rusun) pasca insiden yang sama pada 2009 yang lalu.

"Tanah yang ditempati oleh warga Kampung Tanah Merah tersebut adalah aset milik Pertamina. Wilayah yang didiami oleh warga itu adalah kawasan penyangga (buffer zone) dari sebuah objek vital yang memiliki kerentanan sangat tinggi. Jatuhnya korban itu sangat disesalkan, tetapi dengan kondisi pemukiman yang hampir menempel dengan Tangki BBM raksasa yang berisiko tinggi, kejadian seperti ini hanyalah masalah waktu," ujarnya kepada Kompas.com di Tarakan, Sabtu (4/3/2023).

Menurutnya, tidak mungkin Pertamina sendiri yang menyelesaikan permasalah tersebut. Kewenangan menertibkan zona merah itu ada pada pemerintah dan aparat penegak hukum. Karena itu, dia berharap agar Kementerian BUMN dan Pertamina segera duduk bersama dengan pemerintah pusat dan Pemprov DKI untuk mencari solusi jangka panjang dari masalah tersebut.

"Tidak ada yang bisa menjamin bahwa peristiwa yang sama tidak terulang lagi di masa depan. Sudah sifatnya fasilitas penyimpanan BBM bersifat rentan karena mudah terbakar, baik oleh sebab-sebab alamiah maupun akibat kelalaian atau sabotase. Pilihannya hanya ada dua, merelokasi warga atau merelokasi Depo TBBM Pertamina itu," ucapnya.

"Saya berharap agar warga terdampak tidak lagi memaksakan diri untuk kembali bermukim di daerah berbahaya itu," pungkas Deddy.

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada 3 Maret tersebut menimbulkan korban jiwa. Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Berdasarkan data terakhir yang dipublikasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pukul 01.16 WIB, jumlah korban tewas dan meninggal dunia akibat insiden kebakaran tersebut sebanyak 17 orang.

"Info terakhir yang kami terima dari Jakarta Utara 17 orang," kata Pelaksana Harian Kepala BPBD DKI M Ridwan, Sabtu (4/3/2023).

Kemudian, terdapat 51 korban luka, dengan rincian 49 korban luka berat dan dua korban luka sedang. Hingga kini, tim SAR gabungan masih berada di lokasi kebakaran untuk mencari kemungkinan korban lain di antara puing-puing bangunan yang telah hangus terbakar.

https://money.kompas.com/read/2023/03/05/100000026/soroti-kebakaran-depo-plumpang-dpr-minta-pemerintah-bantu-pertamina-tertibkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke