Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag: Kalau Mau Murah, Beli Beras Bulog

Oleh sebab itu dia menyarankan masyarakat yang ingin mendapatkan harga beras yang murah, bisa membeli beras Bulog.

"Harga beras memang saat ini tinggi tapi stabil, turun sedikit. Makanya masyarakat yang mau beli beras harga murah belilah beras Bulog Rp 9.450 per kilogram, satu karung 5 kg Rp 47.000," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Lebih lanjut Mendag Zulhas mengatakan, pihaknya mendapatkan penugasan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tetap menjaga harga bahan pokok tetap stabil selama Ramadhan 2023.

Dia bilang, Kementeriannya bersama dengan kementerian lainnya juga sudah berkoordinasi untuk bisa menjaga kestabilan harga.

"Tadi pagi Pak Mendagri bersama seluruh (pimpinan) Indonesia memimpin rapat dengan Bupati, Gubernur, kalau harganya tidak melebihi 5 persen tuh biasanya ditanggung ongkosnya," kata Zulhas.

Mendag juga bilang apabila harga masih tetap mahal, maka pemerintah akan menggenjot pengadaan bazar murah di Tanah Air hingga memberikan subsidi harga.

"Dengan adanya bazar harga murah ini mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban masyarakat sekitar dapat harga sembako murah," pungkasnya.

Berdasarkan dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga beras saat ini terpantau ada di harga Rp 13.000-an.

Beras kualitas bawah I dibanderol Rp 11.850 per kilogram, beras kualitas medium I dibanderol Rp 13.450 per kilogram, beras kualitas medium II Rp 13.200, dan beras kualitas super I dibanderol Rp 14.800 per kilogram.

https://money.kompas.com/read/2023/04/04/183500826/mendag--kalau-mau-murah-beli-beras-bulog

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke