Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Kasus Korupsi yang Jerat Dirut Waskita Karya | Kemenhub Tegur Pengelola Bandara Kualanamu soal Wanita Tewas

Direktur Utama (Dirut) PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono ditetapkan sebagai tersangka oleh Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia.

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, penetapan Destiawan sebagai tersangka kasus korupsi telah dilakukan sejak Kamis (27/4/2023).

Destiawan ditetapkan sebagai tersangka terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam penyimpangan penggunaan fasilitas pembiayaan dari beberapa bank yang dilakukan oleh Waskita Karya dan PT Waskita Beton Precast Tbk.

"Adapun satu orang tersangka tersebut yaitu DES selaku Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk periode Juli 2020 sampai dengan sekarang," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana, dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

Selengkapnya simak di sini

2. Kemenhub Tegur Pengelola Bandara Kualanamu Usai Insiden Wanita Tewas Terjatuh dari Lift

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara buka suara terkait insiden yang menewaskan seorang wanita bernama Aisisah Sinta Dewi (38) di lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, pihaknya telah menerima informasi mengenai insiden yang terjadi pada Kamis (30/4/2023) lalu itu.

Pihak Ditjen Perhubungan Udara juga sudah berkomunikasi dengan PT. Angkasa Pura Aviasi selaku penanggungjawab tunggal operasional di Bandara Kualanamu.

"Kami sudah berbicara dengan pihak penanggungjawab operasional bandara dalam hal ini Angkasa Pura Aviasi," kata dia, dalam keterangannya, Minggu (30/4/2023).

Baca selengkapnya di sini

3. May Day, Titik Lokasi Ini Bakal Dipadati 50.000 Buruh

Sebanyak 50.000 buruh akan memadati jalanan di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta pada peringatan Hari Buruh, tepatnya 1 Mei 2023. Aksi May Day ini juga akan berlangsung di 38 provinsi.

"Pukul 09.30 WIB sampai dengan 12.30 WIB aksi May Day di Istana dan Gedung MK," ujar Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal melalui pernyataan tertulis, Minggu (30/4/2023).

Selepas aksi di dua tempat tersebut, kata Said Iqbal, massa akan bergerak menuju Istora Senayan. Nantinya akan ada May Day Viesta di sana.

Simak selengkapnya di sini

4. Sampai Desember 2023, Ada Potongan PPN untuk Mobil dan Bus Listrik

Pajak pertambahan nilai (PPN) dari transaksi penjualan mobil dan bus listrik berbasis baterai tertentu akan ditanggung pemerintah, pada kurun April-Desember 2023, dengan porsi tergantung kepada tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Semakin tinggi TKDN, PPN yang ditanggung pemerintah semakin besar. Kabar baik ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38 Tahun 2023.

Jika TKDN mobil atau bus listrik minimal 40 persen, beleid ini menyatakan PPN terutang yang ditanggung pemerintah adalah 10 persen dari harga jual.

Artinya, dengan tarif PPN saat ini sebesar 11 persen maka transaksi mobil atau bus listrik itu hanya akan terutang PPN sebesar 1 persen dari harga jual.

Selengkapnya baca di sini

5. Hidup dari APBN, Berapa Pendapatan TVRI dari Siarannya?

Siapa tak kenal dengan Televisi Republik Indonesia alias TVRI. Dari perjalanan sejarahnya, status TVRI juga sempat bergonta-ganti.

TVRI pernah menjadi BUMN, dari Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perseroan Terbatas (PT). Kini, dengan berubahnya TVRI menjadi LPP, operasional TVRI tetap bergantung pada dana APBN. Selain itu, TVRI juga memperoleh pendapatan dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Jenis-jenis PNBP TVRI yang diatur dalam PP Nomor 33 Tahun 2017 berasal dari jasa tayang, produksi program, media online, penggunaan sarana dan prasarana siaran, pendidikan pelatihan, dan layanan digitalisasi penyiaran.

TVRI terakhir kali mempublikasikan laporan keuangan terakhirnya pada 2021. Laporan keuangan tersebut diterbitkan oleh Direktorat Keuangan TVRI yang sudah diaudit.

Lalu berapa pendapatan TVR dari siarannya? Simak di sini

https://money.kompas.com/read/2023/05/01/061000626/-populer-money-kasus-korupsi-yang-jerat-dirut-waskita-karya-kemenhub-tegur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke