Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Info Pelabuhan Kayangan Lombok, Jadwal Kapal dan Tiketnya

KOMPAS.com - Pelabuhan Kayangan adalah salah satu pelabuhan yang ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pelabuhan ini juga merupakan pintu akses masuk utama dari Sumbawa.

Saat ini, pengelolaan Pelabuhan Kayangan Lombok berada di bawah PT ASDP (Persero), dengan pengawasan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Satuan Pelayanan Cabang Kayangan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali dan NTB.

Sebagai informasi saja, Pelabuhan Kayangan Lombok melayani rute kapal penyeberangan menuju ke Pelabuhan Poto Tano Sumbawa. Jarak Pelabuhan Kayangan ke Poto Tano di Kabupaten Sumbawa Barat adalah sekitar 31 kilometer dengan waktu tempuh 1-2 jam lebih.

Pelabuhan Kayangan Lombok bisa dibilang memegang peranan penting bagi mobilitas warga, termasuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Sumbawa. Pelabuhan Kayangan ke Sumbawa adalah akses utama mobilitas masyarakat dari laut.

Wisatawan harus terlebih dahulu menyeberang melalui penyeberangan dari pulau Lombok melalui Pelabuhan Kayangan menuju pelabuhan Poto Tano dengan melewati Selat Alas.

Selat ini memisahkan Pulau Lombok dan Sumbawa. Meningktanya jumlah kunjungan ke Sumbawa dari Lombok membuat pengelola pelabuhan juga terus menambah kapalnya. Lalu lintas Pelabuhan Kayangan ke Sumbawa juga terus meningkat.

Jadwal kapal dan tiket Pelabuhan Kayangan

Berikut ini rincian harga tiket untuk kapal yang berangkat dari Pelabuhan Kayangan Lombok menuju ke Poto Tano pada tahun 2023 dikutip dari Tribunnews:

Harga tiket kapal Kayangan Poto Tano

Jadwal kapal Kayangan Poto Tano

Jumlah kapal yang beroperasi pada rute Kayangan Poto Tano, tidak kurang dari 10 kapal setiap hari dari 27 unit kapal yang tersedia.

Itulah informasi seputar Pelabuhan Kayangan Lombok. Yang mana jarak Pelabuhan Kayangan ke Poto Tano adalah 31 kilometer melintasi laut Selat Alas. Untuk penumpang, harga tiket kapal Kayangan Poto Tano adalah Rp 18.000 tanpa membawa kendaraan.

https://money.kompas.com/read/2023/05/06/101523526/info-pelabuhan-kayangan-lombok-jadwal-kapal-dan-tiketnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke