Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara dan Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP

KOMPAS.com - Bisakah buka rekening BCA tanpa NPWP? Tentu saja sangat bisa. Syarat buka rekening BCA tanpa NPWP juga terbilang mudah sekali.

Bank BCA selama ini dikenal sebagai bank yang tidak merepotkan nasabahnya untuk segala urusan karena seringkali syarat administrasinya relatif mudah dengan pelayanan tetap prima.

Salah satunya adalah buka rekening BCA tanpa NPWP. Sebagaimana diketahui, ada beberapa bank memang mewajibkan kepemilikan NPWP saat pembukaan rekening. Namun tidak di Bank BCA.

Memang untuk beberapa jenis tabungan, nasabah memamg diwajibkan untuk membawa NPWP. Namun banyak pula rekening tabungan di bank swasta terbesar di Indonesia ini tidak membutuhkan syarat identitas pajak tersebut.

Beberapa rekening di Bank BCA yang tidak mensyaratkan kepemilikan NPWP antara lain Tahapan Xpresi, TabunganKu BCA, Simpanan Pelajar, LAKU, Tahapan, dan Tahapan Berjangka.

Syarat buka rekening BCA tanpa NPWP

Sebagai informasi saja, NPWP kerapkali diwajibkan dalam pembukaan rekening baru di bank. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kejahatan seperti praktik pencucian uang dan sebagainya.

Di sisi lain, masih banyak masyarakat Indonesia yang diketahui belum memiliki NPWP lantaran belum akrab dengan aturan perpajakan di Indonesia, terutama masyarakat di daerah pelosok.

Namun tak perlu khawatir, tetap terbuka masyarakat yang ingin buka rekening BCA tanpa NPWP. Nah berikut ini syarat buka rekening BCA tanpa NPWP:

Untuk setoran buka rekening BCA tidak punya NPWP, disesuaikan dengan jenis tabungan yang dipilih nasabah. Berikut nominal setoran awal yang disyaratkan:

  • Tahapan BCA setoran awal Rp 500.000
  • Tabunganku setoran awal Rp 20.000
  • Tahapan Xpresi setoran awal Rp 50.000
  • Tahapan Gold setoran awal Rp 1.000.0000

Untuk buka rekening BCA tanpa NPWP sama saja dengan pembukaan rekening pada bank lainnya. Berikut tahapannya:

Buka rekening BCA online tanpa NPWP

Selain datang langsung ke kantor cabang, nasabah juga bisa buka rekening BCA online tanpa NPWP. Namun nasabah disyaratkan harus mengunduh lebih dulu BCA mobile.

Berikut tahapan buka rekening BCA online tanpa NPWP sebagaimana dikutip dari laman resminya:

  • Download aplikasi BCA mobile versi terbaru pada smartphone-mu.
  • Pilih tombol “Buka Rekening Baru”, kemudian pada halaman rangkuman langkah mudah buka rekening, pilih kembali tombol “Mulai”.
  • Pada pertanyaan “Apakah Anda sudah memiliki rekening BCA saat ini?” yang terbuka, pilih jawaban yang sesuai (“Ya” atau “Tidak”).
  • Pilih jenis Tabungan yang diinginkan: Tahapan, Tahapan Xpresi BCA, Tahapan Gold. Lalu pilih “Lanjut”.
  • Lakukan verifikasi nomor handphone melalui SMS. Pastikan pulsa cukup sebelum mengirim SMS.
  • Setelah itu, buat Kode Akses atau password yang akan digunakan untuk membuka BCA mobile. Kode Akses tersebut harus memuat kombinasi angka dan huruf, dan kerahasiaannya harus dijaga untuk melindungi data finansial pribadi. Kemudian, pilih “Lanjut”.
  • Lengkapi dokumen yang diperlukan, yaitu foto e-KTP, foto diri, tanda tangan, dan nomor NPWP bila punya. Unggah semua dokumen tersebut pada halaman yang telah disediakan. Kemudian, pilih “Lanjut”.
  • Lengkapi data identitas diri, kemudian pilih “Lanjut”.
  • Pilih jenis kartu yang diinginkan (Debit BCA Blue, Gold, atau Platinum) dan lengkapi data alamat email pribadi, kemudian pilih “Lanjut”.
  • Kemudian pilih Kantor Cabang BCA terdekat dimana Rekening akan didaftarkan, kemudian pilih “Lanjut”.
  • Konfirmasi kembali data diri yang sudah diisi, dan berikan persetujuan atas pernyataan telah mengerti dan setuju terkait syarat dan ketentuan pembukaan rekening, dengan memberikan centang pada kotak yang disediakan. Kemudian, pilih “Lanjut”.
  • Lakukan verifikasi data kembali melalui Video Call dengan agen Halo BCA.
  • Setelah itu, segera lakukan Aktivasi Mobile Banking dengan membuat PIN 6-digit yang akan digunakan untuk transaksi di BCA mobile dan juga KlikBCA.
  • Rekening sudah aktif. Segera lakukan setoran awal terlebih dahulu untuk bisa mulai bertransaksi. Setoran dan penarikan tunai bisa dilakukan melalui Cabang BCA, atau lewat ATM BCA terdekat, melalui menu “Cardless” di BCA mobile.
  • Untuk mencetak kartu, bisa dilakukan melalui mesin CS Digital terdekat, atau melalui Cabang BCA.

Jadi buka rekening BCA tidak punya NPWP? Tak perlu khawatir. Bank BCA sangat memudahkan nasabahnya.

Itulah informasi seputar syarat buka rekening BCA tanpa NPWP. Semoga bisa membantu.

https://money.kompas.com/read/2023/06/24/213901026/cara-dan-syarat-buka-rekening-bca-tanpa-npwp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke