Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masuk Tahun Politik, Begini Pandangan BEI soal Kondisi Pasar Modal RI

“Pengalaman sebelumnya, satu tahun sebelum Pemilu biasanya capital inflow lebih besar. Ini memang belum terlihat di semester I-2023. Yang menarik, walaupun RNTH turun, minat IPO meningkat, persentase jumlah investor, dan nilai transaksi asing juga meningkat,” kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman secara virtual, Rabu (28/6/2023).

Hingga Mei 2023, bursa mencatat kontribusi asing dalam rata-rata nilait transaksi harian (RNTH) sebesar 35 persen (Rp 3,7 triliun) sementara domestik mencakup institusi sebesar 27,4 persen (Rp 2,9 triliun) dan ritel sebesar 37,6 persen (Rp 3,9 triliun).

"Kalau kita bicara secara komposisi transaksi, domestik berkontribusi lebih dari 60 persen, sementara asing sekitar 35 persen (Mei 2023). Ini membuktikan bahwa investor domestik kita cukup resilience dan kuat untuk menghadapi gejolak perubahan indeks saham kita, karena mereka juga mendominasi transaksi secara nilai," lanjutnya.

Namun, Iman menilai bahwa tahun Pemilu tidak berkaitan dengan euphoria investor. Menurut dia, saat ini investor sudah bisa membedakan antara perekonomian, dan politik.

“Optimisme itu kita harapkan, sebenarnya dari awal pengalaman kita waktu Pemilu bukan yang pertama. Pemilu tidak terkit dengan euphoria investor, jadi (investor) sudah bisa memisahkan, terkait perekonomian dan terkait dengan politik,” lanjutnya.

Senada dengan Iman, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Irvan Susandy berharap dengan diumumkannya Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI untuk pemilihan tahun depan, bisa mendorong aliran dana ke pasar modal bisa meningkat.

“Satu tahun sebelum Pemilu memang transaksi lebih besar dibandingkan saat Pemilu. Walaupun indeksnya cenderung mixed, ada yang naik dan ada yang turun. Kita harapkan semester II-2023, dengan Capres dan Cawapres yang sudah diumumkan, bisa meningkatkan capital inflow kita, daan mendorong peningkatan transaksi di BEI,” tegas Irvan.

https://money.kompas.com/read/2023/06/29/120000526/masuk-tahun-politik-begini-pandangan-bei-soal-kondisi-pasar-modal-ri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke