Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Tiga Maskapai BUMN Bakal Merger | Seleksi CPNS dan PPPK Dimulai September

1. Tiga Maskapai BUMN Bakal Merger, Harga Tiket Pesawat Turun?

Tiga maskapai penerbangan milik negara, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, dan Pelita Air, berencana untuk digabung oleh pemerintah.

Lantas, apakah hal ini bisa berpotensi menurunkan harga tiket pesawat?

Adapun Garuda sebagai maskapai full service memiliki harga tiket yang jauh di atas harga tiket Citilink dan Pelita Air yang merupakan maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC).

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, penggabungan tiga maskapai pelat merah ini tidak dapat menurunkan harga tiket pesawat.

Selengkapnya baca di sini

2. Seleksi CPNS dan PPPK Dimulai September, Simak Alokasi Formasinya

Tahun ini, pemerintah akan kembali membuka rekrutmen tenaga aparatur sipil negara (ASN), baik untuk instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Disadur dari informasi resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), rekrutmen ASN tahun 2023 meliputi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Akan dibuka sebanyak 572.496 formasi ASN yang terdiri dari 78.862 formasi di instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi di pemerintah daerah.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan, rekrutmen ASN dilakukan sebagai upaya menyelesaikan penataan tenaga non-ASN atau honorer.

Selengkapnya baca di sini

3. Benahi Tata Kelola Penempatan dan Perlindungan PMI, Kemenaker Cabut dan Ubah 3 Kepmenaker

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya terus berupaya memperbaiki tata kelola penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI).

Penataan tersebut bertujuan untuk menciptakan tata kelola penempatan dan perlindungan PMI yang lebih lebih baik.

Beberapa perbaikan yang dilakukan adalah mencabut dan mengubah tiga Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker).

Ida menyebutkan, saat ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersama kementerian/lembaga (K/L) lain tengah menyusun draf perbaikan atau perubahan tiga aturan tersebut.

Selengkapnya baca di sini

4. Lowongan Kerja Adaro Energy untuk Lulusan S1, Simak Persyaratannya

Bagi kamu lulusan Sarjana (S1) dari jurusan Pertambangan dan ingin berkarir di perusahaan pertambangan, simak lowongan kerja yang satu ini.

PT Adaro Energy Indonesia Tbk membuka lowongan kerja untuk posisi Safety System & Compliance Supervisor.

Sebagai informasi, PT Adaro Energy Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan produsen batu bara terbesar kedua di Indonesia.

Adaro Energy telah berkembang menjadi organisasi yang terintegrasi secara vertikal, dengan anak-anak perusahaan yang berpusat pada energi termasuk pertambangan, transportasi dengan kapal besar, pemuatan di kapal, pengerukan, jasa pelabuhan, pemasaran dan penghasil listrik.

Selengkapnya baca di sini

5. Pelita Air Mau Digabung dengan Garuda Indonesia dan Citilink, Pertamina: Kami Ikuti Pemerintah

PT Pertamina (Persero) buka suara soal wacana bahwa anak usahanya, PT Pelita Air Service (PAS) atau maskapai Pelita Air, akan digabungkan dengan Garuda Indonesia dan Citilink oleh Kementerian BUMN.

Vice President Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pihaknya akan mengikuti keputusan pemerintah terkait rencana penggabungan Pelita Air dengan dua maskapai BUMN lainnya.

"Terkait rencana tersebut, tentu Pertamina mengikuti kebijakan pemerintah selaku pemegang saham," ujar Fadjar kepada Kompas.com, Rabu (23/8/2023).

Menurutnya, rencana merger tersebut memang sudah menjadi pembahasan di internal BUMN, namun masih dalam tahap awal.

Selengkapnya baca di sini

https://money.kompas.com/read/2023/08/24/054000526/-populer-money-tiga-maskapai-bumn-bakal-merger-seleksi-cpns-dan-pppk-dimulai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke