Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Akhir Pekan Jajal LRT Jabodebek, Ini Daftar Tempat Wisata Dekat Stasiun yang Bisa Dikunjungi

Pasalnya, LRT Jabodebek bisa membawamu ke beberapa tempat wisata yang menarik di dekat stasiunnya, mulai dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hingga Taman LRT City Ciracas.

Tarif yang berlaku saat ini pun masih berupa tarif promo yang didiskon 78 persen sehingga hanya sebesar Rp 5.000 untuk semua rute perjalanan. Adapun tarif promo Rp 5.000 ini hanya berlaku sampai akhir September 2023.

Setelah akhir September, LRT Jabodebek juga masih memberlakukan tarif promo sampai akhir Februari 2024 dengan ketentuan yang berbeda, yakni Rp 20.000 untuk rute terjauh dan di bawah Rp 20.000 untuk selain rute terjauh.

LRT Jabodebek melayani dalam 2 jalur, yaitu Line Cibubur dan Line Bekasi dengan jumlah stasiun sebanyak 18 stasiun. Namun untuk sementara ini Stasiun LRT Halim masih belum melayani naik turun penumpang.

“LRT Jabodebek memiliki 2 jalur yakni Lin Cibubur yang menyambungkan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan menuju Stasiun Harjamukti, Depok. Jalur lainnya yaitu Lin Bekasi yang menghubungkan Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jati Mulya, Kab. Bekasi,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8/2023).

Berikut beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan stasiun-stasiun LRT Jabodebek:

1. Stasiun TMII

Lokasi yang satu ini sangat tersohor untuk memanjakan pengunjung keluarga. TMII merupakan tempat wisata bersejarah dengan mengangkat kekayaan budaya Indonesia. Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas seperti museum dan wahana.

2. Stasiun Dukuh Atas

Di sekitar stasiun ini merupakan surga bagi kawula muda dengan tersedia berbagai tempat nongkrong atau sekadar menikmati suasana urban. Lokasi berkumpulnya anak-anak muda di sekitar Stasiun Dukuh Atas di antaranya Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, Riverside Walk Stasiun BNI City, Chillax Sudirman, JPO Phinisi, Sarinah, Skydeck Bundaran HI, dan lainnya.

Tujuan wisata di sekitar Stasiun Ciracas adalah Taman LRT City Ciracas. Taman yang satu ini asri dengan udara sejuk, sehingga cocok untuk tempat santai atau olahraga. Ditambah lagi ada kolam ikan, taman bermain anak, dan lapangan olahraga.

Meski selama awal peresmian LRT Jabodebek sempat mengalami beberapa gangguan, KAI sebagai operator LRT Jabodebek terus berkoordinasi dengan INKA selaku produsen LRT Jabodebek untuk memastikan perjalanan penumpang tetap aman dan nyaman.

Untuk mencegah gangguan, pada Rabu (30/8/2023) malam KAI telah melakukan sweeping pada semua kereta sebanyak 12 trainset dan 2 cadangan.

“Satu hal lagi adalah mengenai penyempurnaan sistem. Secara Operarational Control Centre (OCC) ini sudah align namun demikian ada keluhan masalah pengereman pada saat berhenti yang masih mendadak. Ini kita sempurnakan terus dengan LEN dan Siemens, karena ini teknisi Siemens masih berada di OCC di Bekasi Timur dalam rangka penempurnaan ini,” tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2023/09/01/084520026/libur-akhir-pekan-jajal-lrt-jabodebek-ini-daftar-tempat-wisata-dekat-stasiun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke