Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kereta Cepat RI Dinamai Whoosh, Menhub: Lebih Bagus Dibanding Shinkansen dan TGV

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan nama kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yaitu Whoosh. Nama ini tidak hanya akan digunakan untuk KCJB tetapi juga untuk kereta api cepat Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut nama kereta cepat Jakarta-Bandung, Whoosh, lebih bagus dari nama kereta cepat milik Jepang, Shinkansen dan kereta cepat milik Prancis, Train a Grande Vitesse (TGV).

"Saya sendiri surprise dapat kata Whoosh. Saya setengah terperangah, kok bagus juga ya. Bahkan kalau mau sombong sedikit dengan Shinkansen atau TGV lebih bagus ini ya. It's okay, kita perlu memberikan kebanggaan terhadap apa yang kita lakukan," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, Kamis (21/9/2023).

Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia Triawan Munaf menjelaskan, nama Whoosh dipilih sebagai identitas yang paling cocok untuk kereta api Jakarta-Bandung.

Pasalnya, Whoosh merupakan singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, dan sistem handal yang sesuai dengan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Kata Whoosh dipilih dari bahasa asing agar tidak hanya dapat diterima oleh masyarakat Indonesia tetapi juga secara global. Adapun dalam Bahasa Inggris whoosh berarti suara yang mendesing.

"Masyarakat dan kita semua sudah memiliki sebutan. Bukan kita naik KCIC, bukan kita naik kereta KCJB, tapi naik Whoosh. Jadi Whoosh ini akan menjadi suatu istilah yang sangat sesuai, 'Ayo kita ke Bandung naik Whoosh'" kata Triawan dalam kesempatan yang sama.

Saat ini pemerintah tengah dalam proses menentukan desain Whoosh untuk menjadi logo kereta cepat Jakarta Bandung.

Penyeleksian desain Whoosh ini dilakukan Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia sejak Juli 2023. Adapun mulanya terdapat 10 desain lalu disaring menjadi 3 desain.

Masyarakat dapat melihat dan mencermati setiap desain serta makna dibalik masing-masing desain secara online di website https://kcic.co.id/jenamakeretaapicepat/

Nantinya pemerintah akan memilih 1 dari 3 desain tersebut dan akan mengubah sedikit desainnya jika diperlukan.

Barulah kemudian desain akan secara resmi digunakan untuk ditampilkan di badan kereta, di stasiun, di interior kereta, hingga merchandise kereta cepat Jakarta Bandung.

https://money.kompas.com/read/2023/09/22/085000626/kereta-cepat-ri-dinamai-whoosh-menhub--lebih-bagus-dibanding-shinkansen-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke