Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Animo Masyarakat Tinggi, Masa Uji Coba Kereta Cepat Gratis Bakal Diperpanjang?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuota pendaftaran uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung sudah ludes dipesan masyarakat saat pendaftaran tahap 1 dan 2 pada 17 dan 24 September 2023 untuk perjalanan selama 18 sampai 30 September 2023.

Lantas, apakah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memperpanjang masa uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung? Mengingat animo masyarakat masih cukup tinggi untuk menjajal kereta cepat ini.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, hingga saat ini masih belum ada pembicaraan untuk memperpanjang masa uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung.

Artinya, uji coba Jakarta-Bandung hanya dilaksanakan sampai 30 September 2023 sesuai jadwal.

"Mengenai perpanjangan (uji coba kereta cepat gratis), perlu dilakukan pembahasan dulu dengan semua pihak. Sampai saat ini masih sesuai rencana sampai 30 September," ujar Adita saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Sementara untuk penambahan kuota peserta uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung, Adita mengaku hal ini bukan menjadi wewenang Kemenhub melainkan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Pasalnya, Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian (DJKA) hanya memberikan surat izin uji coba sedangkan terkait kuota peserta uji coba menjadi wewenang PT KCIC selaku operator kereta cepat.

"Kalau kuota peserta uji coba itu ranah dari KCIC sebagai operator," kata Adita.

Kompas.com sudah berupaya mengkonfirmasi ke pihak PT KCIC terkait kemungkinan adanya penambahan kuota uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Sebab, kuota peserta bisa saja ditambah tanpa perlu memperpanjang masa uji coba hingga ke bulan depan.

Namun, hingga kini baik Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi maupun Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa masih belum merespons pesan singkat dari Kompas.com.

Sebagai informasi, kuota peserta uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung selama 15 sampai 24 September 2023 sebanyak 35.000 peserta. Sementara kuota peserta pada pendaftaran tahap 2 untuk keberangkatan 25 sampai 30 September 2023 sebanyak 500 peserta.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa menyebut, KCIC sangat mengapresiasi tingginya animo dan antusias masyarakat yang ingin menggunakan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Namun demikian, tidak semua masyarakat yang berminat menaiki kereta cepat Jakarta-Bandung bisa terakomodasi karena saat ini masih dalam tahap uji coba.

"Karena ini masih dalam masa uji coba terbatas sehingga kuota dari tiket tidak berbayar juga menyesuaikan," kata Eva kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2023).

Eva menuturkan, bagi masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan menggunakan kereta cepat Jakarta-Bandung maka bisa dilakukan saat kereta modern ini beroperasi secara resmi nantinya.

"Kami harap dapat menggunakan saat sudah beroperasi resmi nantinya dengan ketersediaan jadwal perjalanan yang lebih banyak," tutupnya.

https://money.kompas.com/read/2023/09/25/122800126/animo-masyarakat-tinggi-masa-uji-coba-kereta-cepat-gratis-bakal-diperpanjang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke