Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Terjerat Pinjol

Pada dasarnya pinjaman online merupakan salah satu instrumen yang memudahkan masyarakat dalam mengakses pembiayaan. Namun, seiring berjalannya waktu pinjol cenderung dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan data pribadi penggunanya, terutama bagi pengguna yang gagal bayar atau menunggak.

“(Terjerat pinjol) itu bisa bikin kita miskin selama-lamanya, dan membuat anak kita (malu), dan bahkan (mendorong) kita ingin mengakhiri hidup,” kata Rhenald di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Untuk itu, Rhenald menekankan pentingnya memahami bahasa keuangan dan bahasa digital supaya bisa terhindar dari jebakan-jebakan tersebut.

“Tiap kali kita lihat peluang, tentu itu ada risikonya. Bahasa keuangan itu digunakan dan dikuasai oleh penjahat, dan kalau kita tidak kuasai itu, kita bisa kalah (dan tertipu),” jelas dia.

Dia menekankan, edukasi mengenai literasi sangat penting dilakukan, agar masyarakat bisa paham, dan tidak terpengaruh oleh gaya hidup yang berujung menyusahkan di kemudian hari.

“Serangan (predator keuangan) itu sangat berbahaya sekali, misalnya pinjol,” ujar dia.

Di sisi lain, Rhenald menyoroti betapa mahalnya harga data pribadi yang bisa tersebar luas melalui aplikasi pinjol. Dia mengatakan, harga dari data pribadi yang tersebar itu bahkan tidak ternilai.

“Itu gampang sekali, skali kita akses (paltformnya), dia minta (data pribadi), phone book kita, gallery kita. Kalau dua hal itu sudah diambil itu nilainya jauh lebih besar dari sertifikat tanah, dan jauh lebih mahal dari ijazah kita,” tambahnya.

Kontak bantuan

Tindak bunuh diri bisa terjadi ketika seseorang mengalami depresi dan tidak mendapat bantuan penanganan.

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Segera hubungi layanan konseling yang bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia di bawah ini:

https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/layanan-konseling-psikolog-psikiater/

https://money.kompas.com/read/2023/10/03/111200926/bahaya-terjerat-pinjol-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke