Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pahami, Ini Cara Membeli Meterai Elektronik untuk CPNS 2023

Pembelian meterai elektronik untuk persyaratan dokumen CPNS menggunakan akun yang telah terdaftar di SSCASN.

Dalam seleksi CPNS 2023, materai elektronik atau e-materai untuk seleksi CPNS dikeluarkan oleh Perum Peruri.

Perlu diketahui, calon pelamar CPNS 2023 bisa beli materai online dengan harga Rp 10.000 per meterainya. Meterai yang dipakai harus baru atau belum pernah digunakan pada dokumen lainnya.

Lantas, bagaimana cara membeli materai elektronik?

Cara membeli meterai elektronik

Pembelian materai online untuk persyaratan dokumen CPNS 2023 bisa dilakukan lewat website SSCASN maupun laman resmi e-meterai, https://e-meterai.co.id/.

Saat membeli materai elektronik, Anda dapat memasukkan kuota atau jumlah meterai elektronik sesuai banyaknya dokumen yang wajib menggunakan meterai elektronik.

Adapun langkah-langkah pembelian meterai elektronik untuk dokumen CPNS 2023 sebagai berikut:

Untuk diketahui, jika dokumen yang perlu dibubuhi atau dipasangi meterai elektronik wajib digabung, maka calon pelamar bisa terlebih dahulu menggabungkan dokumen tersebut, sebelum membubuhi dengan meterai elektronik.

Sebagai tambahan informasi, penggunaan meterai elektronik dalam seleksi CPNS 2023 berdasarkan Surat Edaran Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Penggunaan Meterai Pada Dokumen Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara.

Penggunaan materai elektronik membantu instansi dalam proses seleksi administrasi yang lebih valid. Meterai elektronik akan digunakan pada dokumen surat pernyataan instansi dan surat lamaran.

Begitulah tata cara membeli meterai elektronik atau e-meterai untuk dokumen CPNS 2023 di laman SSCASN. Jangan lupa untuk membaca setiap detail informasi yang dirilis oleh instansi masing-masing.

https://money.kompas.com/read/2023/10/06/130454426/pahami-ini-cara-membeli-meterai-elektronik-untuk-cpns-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke