Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenperin Nilai Peluang Industri Pakaian Olahraga Lokal Bakal Meningkat

Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kemenperin Ni Nyoman Ambareny mengatakan, trend gaya hidup sehat makin diminati.

Salah satu bentuk dari kebiasaan baru, menjadikan potensi tersendiri industri pasar pakaian olahraga.

"Naiknya tingkat kesadaran orang untuk berolahraga, adanya kecenderungan orang untuk berolahraga 1-3 kali seminggu, menjadikan peluang tumbuhnya industri pakaian dan alat olahraga," ujar Ni Nyoman Ambareny dalam rilisnya, Jumat (6/10/2023).

Adanya adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi, sambung dia, menumbuhkan brand pakaian olahraga lokal. Hal ini seiring dengan mudahnya konsumen membeli produk di marketplace.

“Jenama lokal pakaian olah raga semakin populer di kalangan anak muda Indonesia, selain itu kualitas produk lokal yang baik juga menambah kepercayaan untuk membeli produk lokal," tuturnya di acara Indonesia Sport & Active Wear Exhibition (ISAW) 2023.

Saat ini, kompetisi pakaian olahraga, cenderung terkonsentrasi pada kota besar. Pasalnya, jaringan distributor dari merek global cukup terkonsentrasi di kota besar.

Hal ini merupakan peluang untuk brand lokal berkompetisi pada pasar online, dengan berbagai strategi. Seperti promosi, harga, saluran pemasaran, penetapan harga, dan distribusi berbasis kolaborasi, ditambah dengan meningkatnya penetrasi e-commerce.

Untuk itulah Kemenperin mendorong kampanye dalam bentuk pameran ISAW. Pameran ini diharapkan dapat membangun ekosistem pakaian dan alat olahraga.

"Dengan memanfaatkan ISAW sebagai ruang kolaborasi untuk menghasilkan nilai manfaat, menghimpun jenama lokal pakaian olah raga dalam bentuk komunitas, mengadakan talkshow series dengan tema Boost Up the Activewear Market: Idea to Product, untuk para jenama lokal," pungkasnya.

ISAW kali ini akan diikuti 40 brand lokal pakaian dan alat olah raga.

https://money.kompas.com/read/2023/10/07/071000626/kemenperin-nilai-peluang-industri-pakaian-olahraga-lokal-bakal-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke