Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Marak Terjadi Fraud, Perbankan Bisa Lakukan Strategi Ini

Koordinator Indonesia Financial Watch (IFW) Abraham Runga Mali mengatakan, penipuan atau fraud pada industri perbankan memiliki dampak negatif yang signifikan. Selain kerugian finansial, fraud perbankan juga dapat merusak reputasi bank dan menyebabkan terganggunya kepercayaan nasabah.

“Ini dapat berdampak negatif pada bisnis perbankan dan pada tatanan perekonomian secara menyeluruh. Sehingga, perlu adanya adopsi praktik keamanan sistem perbankan yang kuat serta terus-menerus meningkatkan teknologi keamanan TI,” kata Abraham di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Dia mengungkapkan, langkah-langkah penting yang perlu diambil meliputi penerapan keamanan siber, sosialisasi keamanan sistem perbankan bagi nasabah, dan meningkatkan teknologi keamanan yang ada.

Chief Enterprise Business Officer PT Link Net Tbk, Agung Satya Wiguna menjelaskan, salah satu cara untuk mereduksi risiko fraud pada sistem perbankan adalah dengan melakukan penetration test.

“Penetration test bertujuan untuk menemukan kelemahan atau celah pada sistem yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku fraud. Penetration test memberikan manfaat signifikan pada industri perbankan,” jelas Agung.

“Penetration test juga membantu dalam mengidentifikasi celah keamanan yang dapat digunakan oleh pihak yang tidak berwenang untuk pencurian identitas nasabah. Dengan mengamankan data identitas nasabah, bank dapat mencegah pencurian identitas dan penipuan keuangan,” kata dia.

Agung menambahkan, penetration test juga dapat membantu memenuhi tuntutan pasar, terutama di era layanan perbankan digital yang semakin dominan. Keamanan dan privasi yang baik dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi bank.

“Sebagai industri yang bergantung pada kepercayaan masyarakat, penetration test menjadi langkah yang mendesak dalam melindungi industri perbankan dari aksi fraud. Selain menjaga kepercayaan publik, langkah ini juga dapat menghindari kerugian lebih lanjut akibat fraud,” kata dia.

https://money.kompas.com/read/2023/10/24/180200926/marak-terjadi-fraud-perbankan-bisa-lakukan-strategi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke