Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelar Pameran UMKM EXPO(RT), BRI Targetkan Pembeli dari Kanada, Belanda, hingga Selandia Baru

Pameran ini akan dilaksanakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 7-10 Desember 2023.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional, mengingat posisi UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Oleh sebab itu, menurut dia, dengan pameran ini menjadi ajang untuk UMKM dilirik negara lain.

“Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain," ujar Sunarso dalam Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Sementara itu, Lead Kurator BRILIANPRENEUR 2023 Diana Nazir mengungkapkan, animo peserta yang ikut pada pameran yang ke-5 ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini peningkatannya mencapai 168 persen dari tahun sebelumnya dari segi jumlah UMKM pendaftar.

"Tahun ini tercatat ada sebanyak 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com. UMKM yang telah mendaftar pun telah menjalani kurasi hingga terpilih 500 pelaku UMKM yang dihadirkan pada showcase di Jakarta Convention Center," ujar Diana.

Lebih lanjut, Diana memaparkan, aspek kurasi yang dilakukan meliputi design inovasi produk, dampak sosial & lingkungan, kemampuan ekspor, pencapaian UMKM dan apresiasi yang pernah diraih oleh UMKM Pendaftar.

UMKM yang ditampilkan pun adalah UMKM yang telah dikurasi dan memenuhi standar global, tetapi tetap bertumpu pada sumber daya lokal, pemberdayaan komunitas lokal, dan kepedulian lingkungan.

Menurut dia, proses kurasi BRILIANPRENUER tahun ini cukup panjang.

“Kami telah melalui beberapa tahapan, baik administrasi, melihat langsung atau mencoba makanan atau produk secara langsung, serta interview dengan pemilik usaha. Kami telah meloloskan umkm yang siap dan layak masuk ke pasar global, tidak hanya dari aspek desain dan kemasan, tapi juga memenuhi syarat legalitas dan sertifikasi dari tiap jenis produknya,” jelasnya.

BRI pun menargetkan pasar potensial secara virtual dari beberapa negara, seperti Jepang, Hongkong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, US, Meksiko, Kanada, Belanda, Italia, Australia, dan Selandia Baru.


Adapun pada pameran tahun ini, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi yang meliputi 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 150 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.

Kemudian 32 UMKM member Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), 12 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. UKM tersebut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.

Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.

Nantinya, rangkaian acara yang dapat dinikmati oleh pengunjung maupun UMKM diantaranya showcase 512 UMKM terkurasi, Inspiring talkshow, live shopping e-commerce, fashion show, shopping race, music performance, pojok konsultasi, foto produk gratis, UMKM Awards, Business Matching Award, Championship dan aktivasi-aktivasi menarik pada saat acara misalnya lomba cipta local, workshop karya local, mix & match, make over stylist dan masih banyak hal menarik lainnya.

Salah satu peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Co-Founder Havilla Tea Ajeng Respati Hapsari menyampaikan, pameran ini memberikan banyak manfaat termasuk mendapatkan bekal wawasan. “Kami mendapat pengetahuan hingga tips dan trick dalam menghadapi buyer internasional sehingga bisa dijadikan potensi sebagai pelanggan tetap,” ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2023/11/22/122940826/gelar-pameran-umkm-export-bri-targetkan-pembeli-dari-kanada-belanda-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke