Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resolusi Keuangan 2024, Anak Muda Harus Bayar Utang Pinjol dan "Paylater"

Pasalnya, banyak anak muda yang terlena dan tidak memiliki rencana matang untuk melunasi pinjaman.

Padahal saat ini, pinjaman yang macet di paylater dan pinjol dapat terekam dan memengaruhi skor kredit seseorang. Dalam perkara lain, skor kredit yang buruk dapat mengganjal ketika seseorang mencari kerja atau mengambil kredit yang berbeda.

Faculty Head Sequis Quality Builder Sequis Training Academy of Excellence Fandi Murdani mengimbau anak muda untuk membatasi belanja dan disiplin menjalankan perencanaan keuangan.

"Agar tidak terjebak dalam budaya konsumtif dan demi stabilitas keuangan," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (1/12/2023).

Ia juga mengingatkan anak muda untuk terlebih dahulu mengecek kekuataan finansial untuk melunasi cicilan pinjol ketika jatuh tempo.

Salah satu hal yang paling sederhana dalam perencanaan keuangan adalah membuat catatan pemasukan, rencana pengaluaran, dan realisasinya.

Dengan cara ini, anak muda dapat memperkirakan kecukupan dana dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

"Sehingga cukup dana untuk mempersiapkan masa depan karena pengeluaran saat ini mampu Anda biayai dari pendapatan, bukan dengan berutang,” imbuh dia.

Berikut ini adalah tips untuk menyusun resolusi keuangan pada 2024.

1. Memiliki tujuan finansial

Anak muda perlu berpikir matang sebelum menggunakan paylater. Menakar seberapa besar kepentingan dari pinjaman akan menyaring keinginan dan kebutuhan.

Selain itu, penting untuk anak muda memiliki tujuan finansial jangka panjang. Ketika sudah memiliki tujuan finansial, anak muda biasanya akan terhindar dari belaja impulsif, apalagi sampai menggunakan pinjaman.

"Komitmen ini akan membantu Anda terhindar dari perilaku belanja impulsif, kebocoran tabungan, dan lebih mudah menjalankan resolusi tahun baru," ujar dia.

2. Pahami pokok pinjaman, cicilan, bunga, dan denda

Pisahkan antara keinginan dan kebutuhan. Apakah seseuatu yang ingin dibeli tersebut sangat penting, bisa ditunda, atau tidak harus dibeli.

Ketika anak muda terpaksa membeli sesuatu dengan paylater atau pinjaman, pahami bunga pinjaman yang juga harus dibayar.

Saat seseorang membayar dengan jumlah minimum, berbarti beban utang dan bunga pada bulan berikutnya akan bertambah.

"Memaksakan diri belanja dan mencicil dapat membuat keuangan tidak stabil dan sudah pasti rencana masa depan akan terganggu," kata Fandi.

3. Pahami skema pembayaran

Ketika anak muda terpaksa mengambil pinjaman dalam fasilitas apa saja, pahami skema pelunasannya termasuk biaya apa saja yang tercantum dalam kontrak pinjaman.

Saat akan mengajukan pinjaman ketahui juga berapa jumlah cicilan beserta bunganya, berapa lama masa mencicil, berapa denda yang dikenakan jika menunggak atau jika melakukan pelunasan lebih cepat.

Penyedia layanan paylater dan pinjol memiliki skema pembayaran yang berbeda dan akan memberlakukan denda jika peminjam terlambat membayar tagihan.

Saat ini, fasilitas pinjaman dana dapat dilakukan dengan cara digital.

Untuk itu anak muda perlu berhati-hati dengan tawaran menarik melalui pesan dan gambar. Teliti sebelum klik atau membagikan tautan (link).

Hati-hati juga membagikan foto, share lokasi dan data pribadi karena penipuan pada era digital semakin masif termasuk tawaran paylater dan pinjol yang semakin menjamur.

"Jangan berbagi info akun paylater, sandi pengaman (password), dan kode OTP (One Time Password). Cek rekening secara berkala guna mendeteksi jika ada transaksi yang mencurigakan. Jangan lupa rutin mengganti kata sandi dan segera sign out akun dari aplikasi setelah menyelesaikan transaksi,” imbuh Fandi.

5. Melindungi kondisi finansial dengan asuransi

Untuk memastikan kondisi finansial sehat, anak muda perlu mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa dan kesehatan.

Anak muda perlu menjaga likuiditas keuangan dengan melakukan mitigasi finansial melalui diversifikasi investasi, meningkatkan dana darurat, dan melengkapi keluarga dengan asuransi jiwa serta kesehatan.

"Memasuki tahun baru 2024 sangat baik jika membuat resolusi. Terlebih tahun mendatang banyak tantangan ekonomi, sosial, dan lingkungan di Indonesia maupun global," tandas dia.

Demikian adalah tips untuk menyusun resolusi keuangan pada 2024.

https://money.kompas.com/read/2023/12/01/174000926/resolusi-keuangan-2024-anak-muda-harus-bayar-utang-pinjol-dan-paylater-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke