Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Anak Buah Sri Mulyani Bantah Tudingan Bea Cukai Persulit Barang Masuk TKI | Karyawan di IKN Bakal Bebas Pajak Penghasilan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menampik tudingan yang menyebutkan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mempersulit masuknya barang yang dibawa oleh para pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI).

Sebelumnya, Kepala Badan Pelindungan Pekejera Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyatakan bahwa terdapat 102 kontainer berisi barang milik TKI yang ditahan Bea Cukai.

"Kami sangat menyangkan Kepala BP2MI teralalu sering bicara ke publik tanpa koordinasi," ujar Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, dalam unggahan akun resmi X-nya, dikutip Senin (4/12/2023).

Selengkapnya simak di sini

2. Karyawan Bekerja di IKN Bakal Dibebaskan Pajak Penghasilan

Pemerintah menyiapkan sejumlah insentif bagi masyarakat yang bersedia tinggal dan bekerja di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satu insentif yang disiapkan adalah terkait pembebasan pajak penghasil (PPh) pasal 21.

Staf Ahli Kementerian Keuangan Yon Arsal mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan berbagai insentif fiskal untuk menarik minat partisipasi pembangunan IKN.

Ketentuan "pemanis" itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, Dan Fasilitas Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha Di Ibu Kota Nusantara.

Lalu siapa saja yang dapat? Baca di sini

3. Jalur Kena Longsoran di Lintas Cirebon-Purwokerto, 12 Kereta Api Terdampak Rekayasa Operasi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan, terdapat 12 kereta api yang terdampak yang perjalanannya akibat longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul - Karangsari (Lintas Cirebon - Purwokerto) pada Senin (4/12/2023) dini hari.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, longsor akibat curah hujan yang tinggi ini menyebabkan dua jalur untuk sementara waktu belum dapat dilalui.

Oleh karenanya, demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar ke lintas utara melalui Semarang dan ke lintas Selatan melalui Bandung.

Kereta Api saja yang terkena rekayasa? Simak di sini

4. Simak, Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Terbaru dan Cara Pemesanannya

Harga tiket kereta cepat Whoosh mengalami sedikit perubahan pada Desember 2023 seiring dengan promo untuk kelas Premium Economy telah berubah sejak 1 Desember 2023 lalu.

Sebelumnya, promo harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung sebesar Rp 150.000, tetapi masa berlakunya telah berakhir sejak 30 November 2023 lalu.

Kini promo harga tiket kereta cepat Whoosh naik menjadi sebesar Rp 200.000 untuk Senin-Kamis dan untuk Jumat-Minggu seharga Rp 250.000.

Namun, promo tiket yang baru ini masih belum diketahui akan berlaku hingga kapan.

Selengkapnya baca di sini

5. Ingat, 3 Uang Logam Ini Sudah Tak Berlaku di Indonesia

Bank Indonesia (BI) melakukan pencabutan dan penarikan tiga uang Rupiah logam dari peredaran, yaitu Rp 500 Tahun Emisi (TE) 1991, Rp 1.000 TE 1993, dan Rp 500 TE 1997.

Pencabutan dan penarikan ini diatur melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14 Tahun 2023 terhitung sejak 1 Desember 2023. Artinya, ketiga uang Rupiah logam tersebut tak berlaku lagi sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Indonesia.

Disadur dari informasi resmi, pencabutan dan penarikan uang Rupiah logam tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi bahan/material uang logam.

Apa saja uang logam yang sudah tak berlaku itu? Simak di sini

https://money.kompas.com/read/2023/12/05/054000126/-populer-money-anak-buah-sri-mulyani-bantah-tudingan-bea-cukai-persulit-barang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke