Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub: Whoosh Sama Populernya dengan Shinkansen dan TGV

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, kereta cepat Whoosh kini menandingi kepopuleran kereta cepat Jepang Shinkansen dan kereta cepat Perancis Train à Grande Vitesse (TGV). Pasalnya, Whoosh memiliki nama yang unik yang mudah diingat.

Hal ini diungkapkan Menhub saat Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub 2023 yang diselenggarakan di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, pada Rabu (20/12/2023).

"Kalau ke Singapura, Malaysia, atau Thailand, mereka tanya bukan kereta cepat, tapi Whoosh-nya gimana. Jadi Whoosh sama populernya dengan Shinkansen atau TGV," ujar Menhub.

Oleh karenanya, dia berharap masyarakat dan para pemangku kepentingan mampu mengawal Whoosh agar dapat berjalan dengan baik.

"Jadi Whoosh ini dan tidak ada satu pun yang mengatakan Whoosh ini jelek, tinggal kita mengawal Whoosh ini berjalan dengan baik," ucapnya.

Sebagai informasi, sejak resmi beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023, Whoosh dapat beroperasi dengan baik.

Hal ini terlihat dari ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,9 persen dengan rata-rata kelambatan pemberangkatan dari stasiun awal hanya 0,1 detik.

Ketepatan waktu pemberangkatan menjadi salah satu hal penting, khususnya di tengah volume penumpang kereta cepat Whoosh yang terus meningkat.

Selama periode dua bulan beroperasi komersial sejak 17 Oktober sampai 17 Desember 2023, kereta cepat Whoosh telah mengangkut sebanyak 881.000 penumpang.

Adapun rekor jumlah penumpang terbanyak terjadi pada 19 November 2023 dengan total 21.537 penumpang per hari.

Dalam operasionalnya setiap hari dijalankan kereta tanpa penumpang sebagai kereta pertama dan kereta terakhir. Kereta konfirmasi ini dijalankan untuk memastikan seluruh sistem perkeretaapian aman dilintasi sebelum kereta penumpang berjalan.

Selain itu, untuk memastikan keamanan dan keandalan seluruh infrastruktur prasarana, KCIC juga menjalankan kereta inspeksi (Comprehensive Inspection Train/CIT) secara berkala untuk memeriksa jaringan kelistrikan, persinyalan, komunikasi, dan kondisi jalur kereta cepat Whoosh.

https://money.kompas.com/read/2023/12/20/153946326/menhub-whoosh-sama-populernya-dengan-shinkansen-dan-tgv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke