Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Desa BRILiaN, BRI Dorong Aktivitas Perbankan Masyarakat Desa

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, hal tersebut tercermin dalam beberapa indikator aktivitas perbankan yang dicatat BRI.

"Dengan dilakukan pembinaan melalui program Desa BRILiaN ini jumlah nasabah penabung itu meningkat 47,7 persen secara tahunan dan lebih dari 3,2 juta orang jadi punya rekening tabungan," kata dia dalam acara Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023, Rabu (10/1/2024).

Ia menambahkan, dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun dari program ini meningkat 29,9 persen dan lebih dari Rp 6 triliun.

Tak hanya itu, masyarakat desa yang semula belum berani mengambil kredit juga mendapatkan pembinaan dalam progam ini. Dari sana, wirausaha yang ingin mengembangkan usahanya mulai sadar untuk merapikan administrasi dan mengembangkan kewirausahaannya agar layak mendapatkan kredit dari perbankan.

Sunarso melaporkan, nasabah kredit naik 26,5 persen atau sekitar 177.000 orang. "Yang tadinya tidak berani ambil kredit sekarang berani ambil kredit," imbuh dia.

Dari jumlah tersebut plafon pinjaman meningkat senilai 62 persen dengan nilai Rp 16,1 triliun.

Lebih lanjut, Sunarso bilang BRI juga turut mendukung transformasi digital di Desa BRILiaN melalui transaksional melalui kegiatan ekonomi di desa melalui penggunaan Agen BRILink.

Ia menceritakan, Agen BRILink biasanya merupakan toko kelontong yang dapat menjalankan fungsi seperti cabang BRI. Agen BRILink dapat melayani kebutuhan tarik dan setor maayarakat.

"Total dari seluruh Indonesia kita sudah melibatkan lebih dari 700.000 agen BRILink," tutup dia.

Sedikit informasi, program Desa BRILiaN ini telah diinisiasi oleh BRI sejak 2020. Desa BRILiaN merupakan program inkubasi desa yang bertujuan untuk menghasilkan role model dalam pengembangan desa.

Hingga 2023, program Desa BRILiaN telah diikuti sebanyak 3.178 desa yang aktif berinisiatif serta berkomitmen maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Pada 2023 program Desa BRILiaN terbagi menjadi tiga batch peserta desa dari seluruh penjuru Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2024/01/10/214200326/lewat-desa-brilian-bri-dorong-aktivitas-perbankan-masyarakat-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke