Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mark Zuckerberg Ketiban Rezeki Nomplok, Kekayaannya Naik Rp 438,4 Triliun

Pada penutupan perdagangan Jumat, harta Zuckerberg melonjak signifikan berkat lonjakan 22 persen saham Meta yang memberinya rezeki nomplok senilai 28 miliar dollar AS.

Zuckerberg sekarang memiliki kekayaan bersih sebesar 165 miliar dollar AS yang membuatnya lebih kaya daripada pendiri Microsoft, Bill Gates.

Dia juga akan menerima sekitar 174 juta dollar AS secara tunai ketika perusahaan membayar dividen pertamanya pada bulan Maret mendatang.

Zuckerberg memiliki sekitar 350 juta saham Kelas A dan B, keduanya berhak menerima dividen. Dengan begitu, ia akan memperoleh lebih dari 690 juta dollar AS per tahun jika Meta mempertahankan dividen kuartalan sebesar 50 sen.

Ini merupakan perubahan nasib yang luar biasa bagi seorang pria yang kekayaan bersihnya terkait erat dengan kinerja saham Meta.

Namun koreksi pasar secara luas memukul Meta lebih keras dibandingkan kebanyakan koreksi lainnya. Investor dan analis mengkritik keras perusahaan tersebut karena menggelontorkan miliaran dollar AS ke Reality Labs, divisi realitas virtualnya.

Zuckerberg menanggapinya dengan melakukan pemotongan besar-besaran, dan menjulukinya sebagai “tahun efisiensi” Meta.

Banyak CEO teknologi lainnya yang mengikuti jejaknya sepanjang 2022, 2023, dan hingga 2024.

Namun, pada titik terendahnya pada bulan Oktober 2022 dan November 2022, saham Meta dapat diperoleh dengan harga sekitar 90 dollar AS dan Zuckerberg memiliki kekayaan sebesar 36 miliar dollar AS, seperempat dari kekayaannya sepanjang masa.

Meta melaporkan pendapatan kuartal keempat yang mengalahkan top line dan bottom line. Perusahaan ini membukukan pertumbuhan di setiap metrik utama, dan laba bersihnya meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Valuasi perusahaan ini sekarang bernilai 1,2 triliun dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2024/02/03/130000726/mark-zuckerberg-ketiban-rezeki-nomplok-kekayaannya-naik-rp-438-4-triliun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke