Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Blu by BCA Bukukan Laba Bersih Rp 46,04 Miliar Sepanjang 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Blu by BCA Digital membukukan laba bersih mencapai Rp 46,04 miliar sepanjang 2023.

Blu juga mencatat pertumbuhan transaksi yang tercermin melalui pertumbuhan nasabah sebesar 53,4 persen, atau kini mencapai lebih dari 1,7 juta nasabah.

Head of Corporate Planning BCA Digital Yoga Halim mengatakan, Blu akan terus meningkatkan layanan, penambahan berbagai fitur, meluncurkan produk terbaru, hingga perluasan ekosistem digital. 

Dukungan Blu kepada nasabah untuk meraih kedewasaan finansial salah satunya diwujudkan melalui upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

Setidaknya, blu mencatat pertumbuhan literasi lewat inisiatif kelas edukasi bluAcademy yang telah diikuti oleh lebih dari 3.500 peserta. Dari jumlah tersebut hampir 40 persen peserta mengatakan telah mendapatkan literasi keuangan yang dibutuhkan.

"Inklusi keuangan nasabah juga terlihat meningkat di 2023. Hal ini terlihat dari jumlah frekuensi transaksi sebanyak 73,7 juta kali sepanjang tahun (year to date), dan jumlah volume transaksi sebesar Rp 181,9 triliun yang mengalami pertumbuhan lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya," ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Senin (4/3/2024).

Ia menambahkan, peningkatan volume ini terlihat juga dari peningkatan kegiatan transaksi, mulai dari transaksi transfer yang naik 215 persen, pembayaran menggunakan QRIS yang tumbuh lebih dari 367 persen, dan transaksi top-up uang elektronik tumbuh 282 persen.

Menurut Yoga, peningkatan seluruh pertumbuhan ini tak lain didukung oleh hadirnya berbagai produk dan fitur terbaru yang mendukung kebutuhan transaksi keuangan nasabah.

Hal tersebut di antaranya peluncuran kartu bluDebit Card dan bluInvest yang bekerja sama dengan mitra investasi Moduit dan FUNDtastic.

Kemudian, ada bluBisnis untuk mendukung transaksi bisnis sobatblu, pengajuan pinjaman melalui bluExtra Cash, bayar tagihan PLN, PDAM hingga BPJS dan top-up kartu flazz BCA langsung dari aplikasi Blu.

Selain mendukung transaksi keuangan, Blu juga telah memperluas layanan digital ecosystem dan in-app payment guna mempermudah nasabah melakukan transaksi keuangan dari aplikasi mitra tanpa perlu keluar aplikasi.

Hal tersebut dilakukan melalui peluncuran kerja sama lewat blUnion dengan berbagai mitra dari beragam sektor industri, mulai dari pembayaran kebutuhan investasi emas bersama EmasKita, food and beverage (FnB) bersama Fore dan Kopi Kenangan, hingga pendidikan yang bekerja sama dengan ITHB, UPH, dan Talenta Nusantara.

Tak hanya itu, Blu juga bekerjasama dengan mitra pembayaran kredit kendaraan, BAF (Bussan Auto Finance).

Lewat kerja sama ini, seluruh pembayaran dapat dilakukan hanya dengan melakukan linkage pada akun rekening blu dengan masing-masing aplikasi mitra.

Di sisi lain, Blu juga secara rutin menyelenggarakan promo menarik yang dapat dinikmati nasabah. Seperti pada periode bulan Maret 2024, nasabah Blu bisa menikmati promo cashback di restoran Wingstop Rp 10,000, Kopi Kenangan 40 persen, dan bioskop Cinepolis 50 persen dengan metode pembayaran QRIS.

Selain itu, nasabah juga dapat menikmati diskon Rp 15.000 di Grab pakai bluVirtual Card, dan cashback 25 persen di McDonald’s dan Indomaret jika melakukan pembayaran menggunakan bluDebit Card.

https://money.kompas.com/read/2024/03/04/062900226/blu-by-bca-bukukan-laba-bersih-rp-46-04-miliar-sepanjang-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke