Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Danone Indonesia Dukung Pengelolaan Air Berkelanjutan

JAKARTA, KOMPAS.com - Danone Indonesia menyatakan dukungannya dalam pelestarian sumber daya air. Perseroan juga mendukung upaya pemerintah dalam menangani permasalahan air di Indonesia.

Keberlanjutan sumber daya air merupakan tantangan pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hampir 703 juta orang di seluruh dunia tidak memiliki akses terhadap air.

Lebih lanjut lagi, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memperkirakan bahwa pada 2025, 1,8 miliar orang akan tinggal di negara atau wilayah dengan kekurangan air mutlak.

Dampak lainnya menurut Bank Dunia, kelangkaan air bisa mengurangi produk domestik bruto (PDB) global hingga 2,5 persen pada tahun 2045 akibat kerugian terkait air dalam sektor pertanian, kesehatan, pendapatan, dan kemakmuran.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menyatakan, permasalahan air merupakan isu yang krusial dan mendesak untuk diselesaikan, sejalan dengan upaya keberlanjutan operasional perusahaan.

"Kami percaya pengelolaan air berkelanjutan, atau integrated water resources management, memiliki kekuatan besar untuk menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ketersediaan air. Kami juga percaya peran penting pihak swasta dalam mendukung keberhasilan pengelolaan air berkelanjutan bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama pemerintah," kata Vera dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Sementara itu, Henri Bruxelles, Chief Sustainability & Strategic Business Development Danone pada ajang World Water Forum 2024 mengatakan, bagi Danone, air merupakan hal krusial dalam misi dan perjalanan perusahaan.

"Kami telah mengambil langkah-langkah konkret untuk mendukung upaya konservasi air, sambil mendorong pengurangan penggunaan air dan perlindungan di seluruh rantai nilai kami, serta meningkatkan akses ke air minum yang aman, sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan, Danone Impact Journey," ujar dia.


Partisipasi Danone dalam World Water Forum 2024 merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan untuk turut aktif dalam upaya kolektif global mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 6, yaitu menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan bagi masyarakat di seluruh dunia.

"Kami melihat forum ini sebagai sarana memperluas akses pertukaran informasi dan jaringan untuk mendorong berbagai aksi kolektif program pengelolaan sumber daya air yang dapat menjawab berbagai tantangan permasalahan air," tuturnya.

Vera menambahkan, target dampak positif yang ditetapkan Danone Indonesia lebih dari sekadar mengurangi penggunaan air, namun juga untuk mencapai positive water impact, yaitu mengembalikan lebih banyak air ke masyarakat dan lingkungan melebihi dari yang digunakan dalam proses produksi.

Komitmen perusahaan dalam mewujudkan positive water impact diturunkan ke dalam Kebijakan Air Danone (Danone Water Policy) yang berfokus pada tiga pilar, yaitu, melindungi sumber daya air, mendorong sirkularitas air dalam sistem produksi dengan mengurangi penggunaan air (total penggunaan air/rasio air) serta memberikan akses air bersih dan sanitasi melalui program WASH (Water Access, Sanitation and Hygiene) bagi masyarakat Indonesia.

“Danone Indonesia telah berhasil menyediakan akses air bersih bagi lebih dari 500.000 orang,” ujar Vera.

https://money.kompas.com/read/2024/05/22/210231126/danone-indonesia-dukung-pengelolaan-air-berkelanjutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke