Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan HUT RI di IKN, Erick Thohir Pastikan BUMN Siap Pasok Energi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan perusahaan-perusahaan pelat merah siap memasok energi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Terutama untuk kelancaran upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Erick pun sudah meninjau kesiapan berbagai fasilitas yang dibangun BUMN di IKN pada Sabtu (29/6/2024), seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Training Center PSSI, Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), dan Istana Presiden beserta lapangan yang akan menjadi lokasi upacara 17 Agustus mendatang.

Menurutnya, BUMN siap memasok kebutuhan energi, baik listrik dan gas untuk kantor-kantor pemerintahan di IKN, termasuk dalam memenuhi kebutuhan untuk kegiatan HUT RI mendatang.

Untuk kesiapan listrik saat peringatan HUT Kemerdekaan RI, PT PLN (Persero) akan menggunakan PLTS buat menyuplai listrik sebanyak 10 MW dari kapasitas sebesar 50 MW.

Selain itu menyiapkan Gas Insulated Substation (GIS) 150 KV dengan kapasitas 2x60 MVA, jaringan transmisi, jaringan distribusi, dan 9 unit gardu hubung serta gardu distribusi.

Sedangkan untuk kebutuhan daya total venue utama rangkaian upacara HUT RI sebesar 1,5 MW, PLN menjamin keandalan back up suplay berupa genset dan UPS.

Kemudian PT Telkom Indonesia (Persero) yang bertanggung jawab dalam urusan telekomunikasi telah menyiapkan jaringan Fixed Broadband (FBB) di 10 lokasi IKN dan Jakarta dengan total kapasitas backbone yang disiapkan mencapai 200 Gbps.

"Dengan konsep acara HUT RI yang bersamaan antara IKN dan Jakarta, Telkom juga berkewajiban memastikan pelaksanaan TV Pool berlangsung mulus sehingga komunikasi interaktif antara Istana Presiden IKN dan Istana Merdeka Jakarta tidak mengalami kendala," jelas Kementerian BUMN.

Lalu BUMN Karya yang ditugaskan menyediakan beragam fasilitas fisik, yakni lapangan upacara dan Istana Negara yang dikerjakan PT PP (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) saat ini pengerjaannya sudah mencapai 77,9 persen.

Serta PT Waskita Karya (Persero) Tbk bertugas membangun gedung Sekretaris Presiden yang saat ini pengerjaannya sudah 91,12 persen, Kementerian Koordinator 3 yang meliputi bidang politik dan keamanan progresnya sudah 80,14 persen, juga Kementerian Koordinator 4 yang mencakup bidang pembangunan manusia dan kebudayaan progresnya sudah 85,22 persen.

Adapun proyek pembangunan gedung Sekretariat Presiden, Kementerian Koordinator 3 dan 4 ditargetkan akan rampung di tahun 2024.

https://www.instagram.com/p/C86lEeupmKC/?igsh=MW15dnU0dGppbDhoMg==

https://money.kompas.com/read/2024/07/03/133600826/persiapan-hut-ri-di-ikn-erick-thohir-pastikan-bumn-siap-pasok-energi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke