Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Suramadu Ditargetkan Operasional 2009

Kompas.com - 14/01/2008, 20:38 WIB

JAKARTA, ANTARA- Pembangunan jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) ditargetkan selesai pada akhir tahun 2008, sehingga tahun 2009 sudah dapat diopperasikan.

"Secara keseluruhan, pembangunan sudah 68 persen. Pemerintah pada tahun ini mengalokasikan dana APBN untuk penyelesaian pembangunan jembatan Suramadu sebesar Rp1,29 triliun untuk penyelesaiannya," kata Dirjen Bina Marga Departemen PU, Hermanto Dardak di Jakarta, Senin seusai menghadiri pelantikan pejabat eselon I Departemen PU.

Progres pembangunan fisik sudah sangat terlihat pada causeway (jalan pendekat) sisi Surabaya. Berdasarkan hasil peninjauan, sisi ini sudah selesai hingga pada tahap pelantaian dengan beton.

Selain itu diharapkan menara pada sisi Surabaya sudah dapat terselesaikan bulan Februari, sementara untuk menara sisi Madura akan selesai pada pertengahan April.

Hermanto Dardak mengatakan, material pembangunan dari China seperti kabel dan steel box girder juga sudah datang sebagian. Material didatangkan dari China dalam tiga tahap.

Pembangunan causeway sisi Madura berjalan relatif lebih lambat dibanding causeway sisi Surabaya. Saat ini masih tersisa 12 bentang dari 45 bentang yang harus dibangun.

Alokasi anggaran APBN 2008 untuk pembangunan jembatan sepanjang 5,5 km ini senilai Rp1,29 triliun. Jumlah dana tersebut masih akan ditambah Rp500 miliar yang berasal dari pinjaman China, karena adanya penyesuaian desain.

Sementara pembebasan lahan untuk jalan akses jembatan Suramadu juga akan diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk pembebasan lahan jalan akses sisi Surabaya sepanjang 4,3 kilometer tinggal tersisa satu persen lagi, sedangkan untuk jalan akses sisi Madura sepanjang 11,5 kilometer masih tersisa empat persen. (MSH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com