Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urung ke Rondo, Ekspedisi Berlanjut di Sabang

Kompas.com - 23/06/2008, 18:23 WIB

SABANG, SENIN - Tim Kodal (Komando Pengendali) II Ekspedisi Garis Depan Nusantara melanjutkan perjalanan menuju Iboih, desa terakhir yang berada di Pulau Sabang (Pulau  Weh). Sebelumnya, tim melakukan pendataan di Ujung Bau, KM 0 Indonesia, Minggu (22/6).

Menurut jadwal semula, Tim Kodal II seharusnya berada di Pulau Rondo setelah menyelesaikan pemasangan prasasti di Pulau Raya. Pulau Rondo merupakan pulau terluar yang berada di ujung barat Nanggroe Aceh Darussalam.

Arif Faturohman, Ketua Tim Kodal Dua, mengungkapkan urungnya mereka berangkat dikarenakan kondisi pulau yang tak berpenghuni , sehingga tak ada data yang bisa didapatkan mengenai kondisi masyarakat disana.

Selain pendataaan, Tim seharusnya memasang prasasti pulau terluar disana. Namun karena urung menuju pulau Rondo, pemasangan prasasti akan dilakukan Tim Kapal.

Di Iboih, Tim akan melakukan pendataan mengenai kondisi masyarakat disana. Iboih terletak di pulau Sabang, tepatnya di Kecamatan Sukakarya, Kotamadya Sabang, NAD. Di desa ini merupakan tempat penyeberangan terakhir menuju Pulau Rondo. Tim Kodal Dua terdiri dari tiga orang. Selain Arif Faturohman, Jiwa Palamarta dan Donny Rachmansjah merupakan anggota Tim ini.

Kemarin, Tim tiba di Ujung Bau yang merupakan KM 0 Indonesia. Panorama bawah laut dan pantai yang indah menjadikan Ujung Bau sebagai tempat penyelaman populer di Aceh. Masyarakatnya hidup dari sektor pariwisata dengan menjadi pemandu wisata dan mendirikan penginapan. Keindahan bawah lautnya sangat indah, sehingga banyak turis asing yang datang kesini. Bahkan banyak turis yang menetap dan menikahi perempuan Ujung Bau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com