JORR Kebon Jeruk-Penjaringan Selesai Juni 2009

Kompas.com - 05/07/2008, 09:56 WIB
Editor

Laporan wartawan Kompas Suhartono

JAKARTA, SABTU- Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla mengatakan bahwa pembebasan tanah selalu menjadi masalah utama dalam pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol dan perumahan. Oleh sebab itu, penyelesaian masalah tanah termasuk masalah yang prioritas harus diselesaikan pemerintah, sekalipun biayanya cukup mahal.

Hal itu disampaikan Kalla saat menjawab pertanyaan reporter televisi di sela-sela peninjauan pembangunan jalan tol lingkar luar Jakarta seksi W-1 Kebon Jeruk-Penjaringan, Sabtu (5/7) di Jakarta. "Masalah utama adalah masalah tanah, terutama pembebasan tanah. Oleh sebab itu, sekalipun mahal biayanya, kita harus atasi, termasuk harus dibebaskan," tandas Kalla.

Kalla didampingi sejumlah pejabat di antaranya Wakil Ketua MPR Aksa Mahmud, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta, Kepala BKPM Muhammad Lutfie, Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto. Menteri PU Djoko Kirmanto tidak ada karena tengah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kalimantan Timur.

Direktur Jakarta Lingkar Barat I Faturohman menyatakan, progres kemajuan pembangunan jalan tol lingkar Jakrta (JORR) Kebon Jeruk-Penjaringan sudah mencapai 25 persen. "Targetnya, selesai pada Juni tahun depan," tambah Faturohman.

Menurut Faturohman, total investasi proyek jalan tol W-1 sepanjang 10 kilometer itu mencapai Rp 2,2 triliun. "Dari dana Rp 2,2 triliun, sebagian besar dana berasal dari sindikasi bank senilai Rp 1,5 triliun, yaitu antara lain Bukopin, Bank Mandiri, Bank DKI," lanjut Faturohman.

Ditambahkan, pembagian saham kepemilikan jalan tol tersebut, sebanyak 20 persen dipegang PT Jasa Marga dan sebagian besar PT Bangun Cipta Sarana sebesar 80 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.