Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Century Bidik Pelaku UKM Tionghoa

Kompas.com - 22/01/2009, 16:49 WIB

JAKARTA, KAMIS — Direktur Utama PT Bank Century Tbk Maryono, Kamis (22/1) di Jakarta, mengatakan, tahun 2009 ini pihaknya menargetkan pengembangan bisnis UKM dan consumer credit, terutama pelaku usaha berketurunan Tionghoa. Pasalnya, sebagian bank yang sedianya fokus kepada kelompok pelaku usaha ini, telah beralih ke golongan masyarakat yang lebih tinggi sehingga Bank Century memiliki peluang di bidang ini.

Maryono juga mengatakan, berdasarkan analisisnya, sektor consumer credit tetap menjanjikan tahun ini, baik di bidang pricing maupun margin. "Selain itu, kami juga menargetkan pengembangan payment and remmittances," ujarnya. Maryono menambahkan, untuk tahun 2009 ini, pihaknya menargetkan peningkatan usaha pembiayaan, dari Rp 4,7 triliun menjadi Rp 6,8 triliun.

Sementara itu, untuk perolehan dana pihak ketiga (DPK), Bank Century menargetkan peningkatan dari Rp 5,1 triliun pada tahun 2008 menjadi Rp 7,5 triliun pada tahun ini.

Pada awal tahun ini, Maryono mengaku, nilai pertumbuhan kredit bersih Bank Century telah mencapai Rp 100 miliar. Menurutnya, hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat telah berangsur-angsur pulih. Sebelumnya, guna mengatasi persoalan likuiditas yang belum aman, manajemen baru PT Bank Century Tbk gencar meminta dukungan dari berbagai badan usaha milik negara, serta instansi pemerintah lainnya, untuk menempatkan dananya di bank tersebut. Bank Century juga meminta dukungan bank-bank lain agar bersedia menyalurkan pinjaman antarbank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com