Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emas Makin Menyilaukan

Kompas.com - 27/01/2009, 11:22 WIB

JAKARTA, SELASA - Harga emas makin berkilau saja. Akhir pekan lalu, emas akhirnya kembali menembus level 900 dollar AS per troy ounce (1 troy ounce = 31,103 gram). Pada penutupan di New York Mercantile Exchngae Selasa (26/12) waktu setempat, harga emas bertahan di level 908,50  dollar AS per troy ounce. Ini merupakan posisi tertingginya selama kurang lebih empat bulan terakhir.

Para analis juga menilai, harga logam mulia ini mulai menunjukkan tren kenaikan alias bullish. Survei Bloomberg terhadap analis komoditas pada 22 Januari hingga 23 Januari 2009 menunjukkan, 31 analis merekomendasikan posisi beli emas. Hanya tiga analis yang menyarankan investor menjual emas.

Wakil Presiden Riset dan Analis Valbury Asia Future Nico Omer Jonckheere melihat, pergerakan harga emas sekarang ini searah dengan pergerakan komoditas secara umum yang cenderung mulai naik. Tapi, "Kini emas sebenarnya masih cenderung konsolidasi," kata Nico. Tapi, ia memperkirakan harga terendah emas tahun ini tak akan sampai menembus harga terendah tahun lalu.

Menurut Nico, tanda-tanda rally harga emas baru akan terlihat kalau emas mampu bergerak naik menjauhi level support 900 dollar AS per troy ounce dalam kisaran yang signifikan.

Menaikkan proyeksi

Optimisme terhadap harga emas juga terlihat dari riset Morgan Stanley dan Citigroup. Keduanya menaikkan prediksi harga emas mereka. Morgan Stanley menaikkan prediksi harga emas dari 750 dollar AS menjadi 900 dollar AS per troy ounce pada akhir tahun ini. Untuk tahun depan, Morgan Stanley memperkirakan harga emas bisa mencapai 1.000 dollar AS per troy ounce.

Sebelumnya, broker asal Amerika Serikat tersebut memprediksi bahwa harga si kuning kemilau tersebut hanya akan mencapai 825 dollar AS per troy ounce pada 2010. Pertimbangannya, investor mulai menjauhi investasi di atas kertas dan beralih ke komoditas yang aman. Nah, emas adalah pilihan mereka.

Tapi sedikit berbeda, Citigroup memangkas proyeksi harga emas untuk 2009 dan 2010. Citigroup menghitung bahwa harga emas rata-rata tahun ini sebesar 825 dollar AS dan 900 dollar AS tahun depan.

Sebelumnya, Citi memperkirakan harga emas rata-rata tahun ini 950 dollar AS , dan tahun depan 1.000 dollar AS per troy ounce. Citigroup juga masih menyebut emas sebagai komoditas pilihan.

Country Representative World Gold Council (WCG) Leo Hadi Loe menilai, kenaikan harga emas menunjukkan pasar mulai tidak percaya bahwa Presiden Barack Obama mampu memulihkan kondisi ekonomi dalam waktu singkat. "Makanya investor lari ke emas," ujar Leo.

Selama kondisi belum stabil dan tidak ada gebrakan dari Obama, harga emas masih akan bertahan di kisaran sekarang. Namun, kalau perekonomian sudah mencapai titik keseimbangan baru, ada kemungkinan harga emas bisa turun. "Emas bisa saja kembali ke harga terendah tahun lalu," tandas Leo.

Tahun lalu, emas mendarat di harga terendah 712,30 dollar AS per troy ounce. Leo memperkirakan harga emas bisa sampai 1.000 dollar AS per troy ounce di akhir tahun. Ramalan Nico, pergerakan harga emas akan berada antara 800 dollar AS hingga 900 dollar AS per troy ounce hingga akhir 2009. (Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com