Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Menteri Jadi Model Sepatu Lokal

Kompas.com - 15/02/2009, 17:28 WIB

JAKARTA, MINGGU - Ada pemandangan menarik dalam acara Pameran Alas Kaki, Kulit & Produk Kulit Indonesia 2009, di Hall A Jakarta Convention Center, yang berakhir Minggu (15/2). Saat acara penutupan, para menteri dan pejabat pemerintahan tidak hanya menyampaikan sambutan namun didaulat untuk menjadi model fashion shoes.

Tiga orang menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan sejumlah pejabat yang hadir pun lenggak-lenggok di panggung. Masing-masing Menkokesra Aburizal Bakrie, Menperdag Marie Elka Pangestu beserta suami, Menperin Fahmi Idris beserta ibu, serta beberapa sekretaris jendral beberapa departemen, berjalan layaknya di atas catwalk.

Tidak hanya jarang melakukan hal seperti itu, namun mereka juga diharuskan mengenakan sepatu-sepatu lokal karya anak bangsa. Fahmi Idris mengunakan sepatu sport produksi dari Tomnkins. Aburizal Bakrie menggunakan sepatu vantofel hitam dari Mario Minardi. Marie Elka Pangestu menggunakan sepatu buatan Yongki Komaladi, sedangkan sang suami menggunakan sepatu vantofel karya dari Buccheri. Semuanya merupakan merek lokal asli Indonesia.

Yang tampak berbeda adalah pasangan Sekjen Perindustrian Agus Cahayana dan istri. Keduanya adalah satu-satunya pasangan yang tampil sporty dengan sepatu sport merek Eagle.

"Sepatu ini mengilap, seperti sepatu buat dansa ball room, sayang saya gak bisa dansa ball room. Saya kira ini produk-produk buatan Amerika, enggak tahunya buatan lokal," ujar Aburizal Bakrie saat memeragakan di atas panggung.

Ia mengatakan sepatu buatan lokal sebenarnya sudah tak kalah dengan sepatu impor dari sisi kualitas. Namun, ia mengakui kesulitan mencari sepatu lokal karena seringkali tidak standar seperti nomor sama dari produsen berbeda punya standar ukuran yang berbeda. Untuk bersaing di pasar ekspor, menurutnya standardisasi produk harus lebih diperhatikan.

Hal tersebut juga diungkapkan memperindag. "Sepatu Indonesia udah bagus, kualitasnya juag semakin baik. Jika ingin terus bersaing di pasar Internasional kualitasnya harus ditingkatkan lagi, dari segi modelnya juga harus terus di inovasi lagi," ujar Marie Elka Pangestu usai berakting di atas panggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com