Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aljazair Ingin OPEC Pangkas Lagi Produksinya

Kompas.com - 15/03/2009, 13:24 WIB

WINA, KOMPAS.com — Menteri Energi Aljazair dan mantan Presiden Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) Chakib Khelil mengatakan, kartel pengekspor minyak itu harus mengurangi lagi produksinya pada pertemuan di Wina, Minggu (15/3).

Ditanya pers seputar apakah ia ingin OPEC mengurangi produksinya, Khelil menjawab Sabtu, "Ya kami menginginkan hal itu."

Mengenai apakah ia setuju pengurangan produksi atau seluruh negara-negara OPEC mematuhi pengurangan sebelumnya yang sudah disepakati tahun lalu, ia menjawab "dua-duanya".

Khelil, yang menduduki jabatan sebagai Presiden OPEC tahun lalu, menyatakan hal itu setibanya di Wina, Austria, untuk menghadiri pertemuan12 negara OPEC guna membahas produksi reguler.

Aljazair adalah anggota OPEC pertama yang secara eksplisit menyeru OPEC mengurangi lagi produksinya untuk mengangkat kembali harga minyak yang terus melemah.

Khelil menambahkan, "pasar telah memperhitungkan" kemungkinan adanya penurunan produksi OPEC keempat sejak September lalu.

Harga minyak, yang pernah mencapai rekor tinggi di atas 147 dollar AS per barrel Juli lalu, telah melemah lebih dari 100 dollar AS karena resesi finansial global yang telah berimbas pada penurunan permintaan energi.

Namun dalam perdagangan pekan lalu, harga sudah mendekati 50 dollar AS per barrel karena pasar mengantisipasi kemungkinan OPEC menurunkan produksi akhir pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com