Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore... Malam Ini Larangan Terbang ke Eropa Dicabut

Kompas.com - 14/07/2009, 19:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika tak ada aral melintang, larangan terbang bagi empat maskapai Indonesia rencananya akan dicabut malam ini oleh Uni Eropa (UE). Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal mengatakan, keputusan UE tersebut bakal memulihkan kepercayaan terhadap maskapai penerbangan Indonesia. "Informasi ini saya terima dari Dubes UE. Katanya pelarangan akan dicabut malam ini," tutur Jusman sebelum mengikuti rapat paripurna di Kantor Presiden, Selasa (14/7).

Menurut Jusman, langkah selanjutnya adalah menggelar pertemuan untuk membahas kesepakatan (agreement) dengan 27 negara UE. Setelah itu, langkah berikutnya adalah persiapan Garuda untuk terbang ke Eropa. "Menurut Dirut Garuda (Emirsyah Satar), mereka akan berkunjung ke Amsterdam dulu," jelasnya.

Kendati demikian, Jusman enggan membeberkan detail rencana pemerintah pada 2010 setelah larangan terbang dicabut. Dia bilang, yang terpenting saat ini adalah kepercayaan terhadap otoritas dan maskapai penerbangan Indonesia kembali pulih. Tak hanya itu, pemerintah juga akan menyesuaikan airworthiness (kelaikan udara) dan AOC (Aircraft Operator Certificate)-nya dari semua maskapai penerbangan nanti dengan UU yang baru.

"Jadi, artinya kita akan ada proses nanti dengan harapan tingkat keselamatan dan penerbangan di Indonesia itu bisa ditingkatkan sesuai dengan standar internasional," terang Jusman.

Catatan saja, keempat maskapai penerbangan Indonesia yang boleh menjelajah langit Eropa yakni Garuda Indonesia, Mandala Airlines, Airfast Indonesia, dan Prime Air. (Hans Henricus/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com