Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Butuh Investasi Rp 10.000 Triliun

Kompas.com - 29/10/2009, 12:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan dibutuhkan investasi sebesar Rp 10.000 triliun selama lima tahun untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen di tahun 2014.

Hatta menyampaikan hal ini seusai pembukaan National Summit, di Hotel Bumi Karsa Bidakara, Jakarta, Kamis (29/10).

"Untuk pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen, (dibutuhkan) investasi sekitar Rp 10.000 triliun untuk lima tahun," ujarnya.

Menurutnya, dibutuhkan investasi sekitar Rp 2.100 triliun per tahunnya atau sekitar 30 persen dari Gross Domestic Bruto (GDP) untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tersebut. Karena itu, pemerintah akan memaksimalkan potensi investasi dalam negeri. Di antaranya, dari sektor perbankan, pasar modal, dan belanja pemerintah.

Di samping itu, pemerintah juga akan mendorong investasi dari pihak swasta di dalam negeri dan luar negeri. "Kalau hanya dari dalam negeri pastilah tidak cukup. Maka, investasi langsung asing (Foreign direct investment/FDI) harus kita dorong sekuat mungkin, sekondusif mungkin," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com