Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 150 Juta, Hadiah bagi Pemenang Desain Pasar Johar

Kompas.com - 11/12/2009, 16:16 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Lomba desain Pasar Johar yang ditargetkan dapat terlaksana pada 2010 sudah banyak peminat. Sampai sekarang, sudah ada 33 pendaftar.

"Ada 33 orang dari seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri," kata Kepala Dinas Pasar Ednawan Haryono di Semarang, Jumat (11/12/2009).

Ednawan mengatakan, dari para pendaftar lomba tersebut, enam terbaik akan dipilih untuk acuan pembangunan Pasar Johar ke depan.

Total pedagang di Pasar Johar sebanyak 6.500 pedagang. Adapun pedagang kaki lima (PKL) sekitar 800 orang. "Semua pedagang harus tertampung dalam Pasar Johar," katanya.

Menurut Ednawan, anggaran yang diperlukan untuk penyelenggaraan lomba desain Pasar Johar sekitar Rp 350 juta.

Untuk hadiah, pemenang pertama direncanakan mendapat hadiah Rp 75 juta, pemenang kedua Rp 50 juta, dan pemenang ketiga Rp 25 juta.

Penataan ulang Pasar Johar meliputi semua bangunan yang berada di kawasan Pasar Johar, yakni Pasar Johar, Pasar Kanjengan, dan bangunan lainnya.

Jarak 50 meter dari pasar tidak boleh digunakan PKL untuk berjualan. Semua PKL yang ingin berjualan harus berada di dalam pasar sehingga bisa tertib dan teratur.

"Pembangunan Pasar Johar ke depan diharapkan tetap mengacu pada ciri khas dan identitas Kota Semarang serta dirancang bisa bertahan sampai 50 tahun ke depan," katanya.

Kawasan Pasar Johar juga akan dijadikan pusat kuliner atau jajan di Kota Semarang.

Diharapkan, ada pengelompokan terhadap produk yang dijual, misalnya pedagang pakaian dijadikan satu dengan pedagang pakaian, pedagang buah disatukan dengan pedagang buah. Dengan demikian, pembeli lebih mudah mengakses pasar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com