Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan ATM Tanggung Jawab Bank

Kompas.com - 21/01/2010, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu faktor utama yang menyebabkan kejahatan di ATM adalah keamanan yang tidak terjamin. Banyak ATM yang tidak dilengkapi sistem keamanan memadai sehingga dengan mudah dimanfaatkan pelaku kejahatan.

"Saya kira Bank Indonesia harus lebih menekankan bahwa salah satu bagian IT security di perbankan adalah keamanan ATM. Bagaimana kalau bisa disusupi?" ujar Ruby Z Alamsyah, pakar forensik teknologi informasi, kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2010).

Ia mengatakan, faktanya masih ada ATM yang tidak dilengkapi kamera CCTV. Meski demikian, menurut Ruby, kamera CCTV saja pun tak cukup untuk menjamin keamanan karena tidak jarang kamera yang dipasang tidak aktif atau diputar ke arah lain.

"Saya memuji bank yang semua ATM-nya dijaga petugas security," kata Ruby. Ia menyebut sebuah bank yang menurut pengamatannya punya kebijakan bahwa di setiap fasilitas ATM terdapat petugas keamanan. Sayangnya, bank besar yang ekspansif sering kali mengabaikan hal tersebut.

Padahal, jelas Ruby, keamanan bertransaksi di ATM merupakan bagian dari hak konsumen yang harus dipenuhi pihak bank. Apalagi, selama ini konsumen juga telah dibebani biaya tambahan untuk layanan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com