Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80.000 Rumah Tangga Belum Terlayani Air Bersih

Kompas.com - 16/02/2010, 17:15 WIB

TANGERANG, KOMPAS - Air bersih masih menjadi masalah bagi Pemerintah Kota Tangerang. Hingga Februari ini, masih terdapat 80.000 rumah yang belum terlayani air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sementara sisanya, sekitar 53.000 rumah sudah menikmati air bersih tersebut.

"Sekitar 30 sampai 40 persen atau sekitar 80.000 rumah yang belum mendapat air bersih," kata Wali Kota Tangerang, Wahidin Halim kepada wartawan, Selasa (16/2/2010).

Menurut Wahidin, dari setiap jumlah rumah yang tak terlayani air bersih itu terdapat antara satu sampai tiga rumah tangga atau kepala keluarga. Dengan asumsi,jika rata-rata satu rumah terdiri dari dua rumah tangga berarti ada sekitar 160.000 rumah tangga yang belum terlayani air bersih.

"Ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi walikota dan jajarannya untuk memberikan pelayanan air bersih kepada warganya," ujar wali kota.

Wahidin menargetkan, dalam waktu lima tahun ke depan seluruh warga sudah bisa menikmati air bersih

 

Rp 400 miliar

Wahidin mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan pelayanan air bersih kepada 80.000 rumah sebesar Rp 400 miliar.

"Untuk kebutuhan anggaran itu, kami akan meminta bantuan kepada pemerintah pusat," kata Wahidin.

Bantuan dana tersebut, lanjut Wahidin, terkait rencana pembangunan fasilitas air bersih untuk 80.000 rumah di Kota Tangerang. (PIN)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com