Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2010, 15:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis (29/4/2010) sore merosot 25 poin dibanding sesi sebelumnya karena pelaku makin agresif melepas rupiah.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turun menjadi Rp 9.025-Rp 9.035 per dollar AS dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 9.000-Rp 9.010.
     
Analis PT Valbury Asia Securities, Krisna Dwi Setiawan di Jakarta, Kamis mengatakan, pelaku pasar mengindahkan adanya faktor positif dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang positif. Mereka cenderung melepas rupiah untuk merealisasikan keuntungan. "Namun pelepasan rupiah cenderung belum besar, karena faktor positif di pasar uang masih tetap ada untuk mendorong rupiah kembali menguat," katanya.
     
Rupiah, menurut dia memang berpeluang untuk bisa kembali berada di bawah level 9.000, dengan masih aktifnya pelaku asing bermain di pasar domestik. Mereka menukarkan dolarnya untuk membeli rupiah yang akan ditempatkan di instrumen Bank Indonesia maupun obligasi pemerintah.

BI, lanjut dia memang berada di pasar menjaga pergerakan rupiah, namun berapa lama otoritas moneter itu berada di pasar, apabila tekanan positif terhadap rupiah makin menguat, kemungkinan BI akan melepasnya terserah pasar. "Karena itu peluang rupiah untuk kembali menguat sangat besar hanya tinggal menunggu waktu saja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com