Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Terus Naik

Kompas.com - 08/06/2010, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini (8/6/2010), reli harga emas memasuki hari kedua. Hingga pukul 14.37, emas diperdagangkan di 1.243,1 dollar AS per troy ounce, atau naik 2,1 persen terhitung Jumat lalu di 1.217,7 dollar AS. Dengan posisi sekarang, harga emas hampir mendekati rekor tertingginya bulan lalu (12/5/2010) di 1.244,90 dollar AS per troy ounce.

Kenaikan harga emas juga terlihat di dalam negeri. Emas batangan di Divisi Logam Mulia PT Antam Tbk hari ini bertengger di harga Rp 374.000 per gram. Jika dihitung dari posisi kemarin di Rp 367.000 per gram, emas batangan sudah mengalami penguatan 1,9 persen.

Menguatnya harga emas karena investor mencari keamanan untuk kekayaan mereka. Termasuk, perlindungan dari kemungkinan kejatuhan ganda (double dips) resesi pada ekonomi global. Meski Ketua Federal Reserve AS, Ben S.Bernanke menyatakan pemulihan ekonomi AS saat ini bergerak membaik, kekhawatiran pasar tidak sepenuhnya mereda karena krisis di Eropa.

Chief Executive Officer GFMS Ltd, Paul Walker mengatakan, emas mungkin akan melampaui harga platinum, dan diperkirakan diperdagangkan di kisaran1.050 dollar AS- 1.300 dollar AS sampai akhir tahun. Dan, mungkin pula melonjak hingga 2.000 dollar AS per troy ounce dengan kekhawatiran krisis Yunani akan menyebar ke Eropa dan AS.

"Apa yang terjadi di Eropa saat ini meningkatkan kemungkinan kita akan melihat double dip. Investasi dalam emas akan tetap kuat hingga akhir tahun ini," kata Walker, seperti dikutip Bloomberg. (Dupla Kartini PS/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com