Perbedaan Uang Rp 10.000 Lama dan Baru

Kompas.com - 20/07/2010, 19:24 WIB
EditorR Adhi KSP

BANDUNG, KOMPAS.com — Selain memiliki warna yang berbeda, dari ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan. Uang kertas (UK) Rp 10.000 (sepuluh ribu) yang baru juga memiliki empat perbedaan dengan uang Rp 10.000 yang lama.

Adapun empat perubahan pada desain uang kertas pecahan Rp 10.000 sekarang adalah sebagai berikut:

Pertama, adanya penambahan unsur pengaman rainbow printing dalam bidang berbentuk segi lima yang memiliki efek berubah warna (efek pelangi) apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, pada sebelah kanan gambar utama.

Kedua, penambahan desain berbentuk lingkaran-lingkaran kecil berwarna merah dan di tengahnya berwarna putih yang letaknya tersebar pada sebelah kanan gambar utama.

Ketiga, perubahan kode tunanetra (blind code) berupa satu buah lingkaran yang semula tidak kasat mata (visible) menjadi kasat mata dan terasa kasar apabila diraba (cetak intaglio), yang terletak pada samping kanan gambar utama.

Keempat, penggantian tinta berubah warna (optically variable ink) berupa segi delapan yang berubah warna dari hijau menjadi biru apabila dilihat dari sudut pandang berbeda menjadi desain logo BI di dalam bingkai berbentuk ornamen daerah Palembang dan tidak berubah warna (cetak offset), yang terletak pada sebelah kanan bawah uang.

Menurut Pjs Gubernur BI Darmin Nasution, uang pecahan Rp 10.000 lama masih berlaku untuk alat pembayaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Uang kertas Rp 10.000 desain lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Namun, BI tidak lagi akan mencetak uang tersebut karena sudah ada gantinya, BI menarik secara pelan-pelan," tegas Darmin saat peluncuran uang tersebut di Gedung Bank Indonesia Bandung, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.