Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Resmi "Recall" 1,13 Juta Corolla dan Matrix

Kompas.com - 27/08/2010, 09:29 WIB

TORRANCE, KOMPAS.com — Baru dua hari lalu Kompas.com memberitakan Toyota tengah berancang-ancang akan menarik jutaan unit mobilnya di Amerika Serikat. Kamis malam (hari ini), produsen mobil terbesar di Jepang itu akhirnya resmi me-recall 1,13 juta Corolla dan Matrix.

Recall kepada dua tipe itu produksi 2005 sampai 2008 yang terjual di Amerika Utara. Penarikan dilakukan—seperti yang sudah dilansir—lantaran mesin mendadak mati saat berkendara. Ditengarai, ada kerusakan pada modul pengatur mesin atau engine control modules (ECM). Corolla dan Matrix dibekali mesin 1ZZ dengan sistem berpenggerak dua roda.

Pihak Toyota, dalam keterangan resminya, mengatakan, ada tiga laporan terkait masalah ini. Namun, tak ada korban jiwa, hanya luka-luka ringan.

Steve St Angelo, Toyota Chief Quality Officer North America, mengatakan, aksi recall ini menunjukkan komitmen pihaknya pada produknya dan sikap responsif kepada konsumen. "Tujuan kami adalah tetap memberikan kepercayaan diri pada pengendara Toyota terhadap keamanan kendaraan yang mereka kendarai," ujar Angelo, seperti dikutip Autonews, semalam.

Recall akan mulai dilakukan pertengahan September mendatang dan penggantian unit yang bermasalah tanpa biaya. Pihak Toyota akan menghubungi setiap konsumen dan mengatur jadwal perbaikan.

Pengumuman yang dilakukan pabrikan kali ini sekaligus menambah daftar panjang recall yang dilakukan Toyota sejak November tahun lalu. Totalnya mencapai 12,3 juta unit di seluruh dunia, termasuk di dalamnya 10,5 juta unit di AS saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com