Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Vietnam Bakal Borong Emas

Kompas.com - 27/08/2010, 14:50 WIB

HO CHI MINH, KOMPAS.com - Permintaan emas di Vietnam, yang mengkonsumsi emas lebih banyak ketimbang India, ditengarai bakal meningkat seiring dengan devaluasi yang ketiga dalam setahun ini dan terjungkalnya pasar saham. Tak urung, investor memburu emas.

"Investor akan beralih ke emas sebagai pemberhentian sejenak," kata Le Xuan Nghia, Vice Chairman National Financial Supervision Commission, yang juga bertindak sebagai penasihat Prime Minister Nguyen Tan Dung. Menurutnya, situasi yang terjadi pada mata uang dong saat ini akan mendorong investor untuk meningkatkan investasi emasnya.

Minggu lalu, pemerintah Vietnam berupaya mendorong ekspor sehingga menggiring dong ke level yang paling rendah. Tak hanya itu saja, indeks Vietnam juga terjerembab dan terkikis lebih dari 20 persen dari level tertingginya di bulan Mei lalu.

"Emas dan kuatnya mata uang asing seperti dollar AS akan menjadi instrumen investasi pilihan investor Vietnam; terlebih dengan penurunan di pasar saham dan devaluasi dong seperti saat ini," kata Nguyen Hoang, Analis Vietnam Gold Business.

Harga emas untuk pengiriman segera tersurung ke level yang paling tinggi sepanjang masa, yaitu 1.265,30 dollar AS per ounce pada 21 Juni 2010 ditengah perekonomian AS dan Eropa yang kehilangan momentumnya. Emas tersebut diperdagangkan di level 1.236,35 dollar AS pada pukul 12.08 di Singapura. (Femi Adi Soempeno/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com